KESEHATAN

Pentingnya Perempuan Tahu Program SADARI

INFOTANAHLAUT.COM-Dari program Coorporate Social Responsibility (CSR) PT. Jorong Barutama Grestone (JBG) di bidang kesehatan, PT.JBG menggandeng Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Tanah Laut, Sabtu (18/3) melaksanakan seminar mengenai kesehatan wanita, yakni Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Serviks, bersama Dr. Dwirani Rosmala Patriwi,Sp.B yang merupakan nara sumber dari rumah sakit Oskologi Surabaya di gedung Sarantang Saruntung Pelaihari.

Peserta seminar tersebut di ikuti dari karyawan PT.JBG dengan kader organisasi di bawah binaan GOW Tala.

Dalam materi yang di sampaikan oleh Dr.Dwirani yang merupakan dokter spesialis kanker payudara dan kanker serviks memberikan materi tentang pencegahan kedua kanker ganas yang kerap melanda kaum perempuan.

Di paparkannya, Deteksi dini kanker payudara dilakukan melalui serangkaian test dan pemeriksaan. Tujuan skrining adalah untuk mendeteksi sedini mungkin kanker payudara sebelum mereka mulai menimbulkan gejala. Semakin dini kanker payudara di temukan, maka semakin besar peluang keberhasilan pengobatan.

“adanya program SADARI (pemerikSAan payuDAra sendiRI), sangat di anjurkan kepada wanita, mulai usia 20-an tahun. Segera periksa ke dokter jika melihat perubahan ini pada payudara, seperti sebuah benjolan/pembengkakan, iritasi kulit, nyeri pada puting susu atau puting melesek ke dalam, puting susu atau kulit payudara berwarna kemerahan atau bersisik, atau pengeluaran cairan/darah (bukan ASI) dari payudara,” terangnya.

Ia menambahkan, wanita berisiko tinggi kanker payudara (lebih dari 20 % resiko seumur hidup) harus mendapatkan pemeriksaan MRI dan mamografi setiap tahun. Wanita dengan tingkat resiko moderat (15-20 % resiko seumur hidup), harus mendiskusikan dengan dokternya tentang tambahan pemeriksaan MRI pada mamografi tahunan mereka. Pemeriksaan MRI tahunan tidak di sarankan bagi wanita dengan resiko kanker kurang dari 15 %. Sementara menyangkut kanker serviks di utarakan bahwa kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.

Dalam seminar tersebut, para audien juga di ajak untuk melakukan senam kesehatan yang, dan dilakukan Tanya jawab.

Ketua GOW Kabupaten Tanah Laut Hj.Nuruk Hikmah Sukamta mengatakan, sangat bersukur dengan kegiatan ini, jadi lebih mengetahui masalah kanker payudara dan serviks.

“insya allah daln waktu dekat, Gow akan menjadwalkan kegiatan serupa ke tingkat kecamatan, karena hal ini sangat penting bagi kaum perempuan khususnya di Tanah Laut supay terhindar dari kedua penyakit tersebut,” katanya.

Sementara itu, Nevyta Amin dari Komunitas Love Pink yang juga pernah mengidap kanker payudara mengatakan, dari pengalamam terdeteksi mengidap kanker payudara di tahun 2014, dan langsung ambil tindakan medis, konsultasi ke dokter dan pemiriksaan klinis, USG dan hasil lab di nyatakan mengidap kanker payudara stadium 2b, maka langkah operasi pun dilakukan.

“itu pentingnya dengan melakukan deteksi dini melalui program SADARI tersebut, atas dasar pengalama itulah tergerak di dalam hati untuk mengajak perempuan-perempuan, untuk sadar dengan kondisi payudaranya, lebih peduli dengan diri, pasalnya dari beberapa kasus yang datang sudah dalam keadaan terlambat atau parah,” jelasnya.

Seminar mengenai kesehatan kaum perempuan ini turut mendapat apresiasi dari pihak PT JBG. Menurut Ihsan Noor selaku Mine Head PT JBG mengatakan, dalam CSR itu ada 3 bidang yakni kesehatan, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

“ini kali pertama dilakukan dalam seminar kesehatan bersama GOW Tanah Laut, dan pemateri di seminar ini sendiri di pilih yang berstandar Erops, sebagai nara sumber merupakan dokter khusus tentang kanker yang pendidikannya di Jerman,” terang Ihsan.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook