PEMKAB TALA

Percepatan Tanam Padi Terus Digenjot

INFOTANAHLAUT.COM-Program pecepatan tanam terus di genjot Pemerintah Kabupaten Tanah Laut melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Distanholbun) Tanah Laut, kali ini di atas lahan seluas 50 hektar di daerah Kecamatan Takisung di lakukan penanaman padi bibit Impari 33, Sabtu (6/10/2018).
Kepala Distanholbun Tala Ahmad Mustahdi pun ikut melakukan penanaman padi tersebut. Menurutnya gerakan percepatan tanam padi di Desa Gunung Makmur Kecamatan Takisung bersama-sama dengan kelompok tani (Poktan) Sido Muncul bertujuan untuk percepatan tanam.
Sementara untuk bibit padi Impari 33 tersebut merupakan bantuan benih dari APBN. Benih di bantukan kesemua Poktan di Kecamatan Takisung sebanyak 40 kg per hektarnya. Percepatan tanam di lahan Desa Gunung Makmur menggunakan bibit Impari karena kondisi lahannya agak basah, karena memang bibit Impari untuk lahan basah. Sementara untuk lahan kering di gunakan varietas Situbagendit.
“Bibit Impari 33 akan dapat di panen selama 120 hari, harapan agar para petani melakukan usaha taninya dengan menanam padinya 2 kali setahun sehingga pendapatan kesejahteraan petani semakin baik,”kata Mustahdi.
Di prediksi pada bulan Oktober ini curah hujan akan turun, untuk itulah dilakukan percepatan tanam, dan tanam padi di bulan Oktober merupakan tanam pertama.
Di katakan Mustahdi pula, inshaa allah minggu pertama bulan Oktober sudah mulai hujan turun dan saatnya mulai tanam padi. Sementara menyangkut pupuknya dapat subsidi melalui pola RDKK kelompok tani yang bisa di dapat pada kios-kios pertanian yang ada di desa.
Tidak ketinggalan menyangkut alat-alat pertanian (Al sintan) hal teraebut sudah ada di drop ke kelompok, akan tetapi jika al sintan masih kurang maka di pinjamkan dengan pola pinjam pakai.
Dalam percepatan tanam padi di prediksi pula produksi padi mencapai 4 smpai 5 ton per hektarnya. Disholtanbun juga memfungsikan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) untuk memberikan bimbingan melalui penyuluhan ke kelompok tani.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook