SENI & OLAHRAGA

Permainan Tradisonal Balogo Masih Dimainkan

INFOTANAHLAUT.COM-Sore itu, Rabu (18/1) pekan tadi cuaca di Desa Atilam Kecamatan Bajuin Nampak cerah, dan terlihat sekelompok anak muda yang semuanya laki-laki tengah terlihat berkumpul di sebuah jalan yang sudah beraspal yang menuju arah areal persawahan.

Sekelompok anak muda itu ternyata tengah memainkan sebuah permainan tradisional khas Banjar yakni Balogo.

Dalam permainan itu, ada 6 orang yang terbagi dalam dua regu, dan di antara para pemain Balogo ada salah seorang Kepala Desa Atilam yakni Muhammad Abduh, juga ikut bermain.

Balogo sendiri sebuah permainan yang sudah pasti di kenal orang, utamanya orang Banjar. Akan tetapi jenis permainan ini sudah tergusur bahkan telah hilang sama sekali di era modern sekarang.

Muhammad Abduh, di sela-sela permainan Balogo menuturkan, permainan Balogo anak muda di desa kami sudah berlangsung selama kurang lebih dua minggu, dan itu di mainkan pada sore hari.

“sebagai pengisi waktu bagi anak-anak muda di kampung, kendati ada kegiatan lain seperti sepak bola,” ucapnya.

Ia menambahkan, memang secara pribadi mencoba untuk menggerakkan kegiatan anak muda di desa dengan sebuah permainan yang sedikit biaya atau bahkan tanpa biaya sama sekali, maka di pilihlah Balogo. Dan di satu sisi agar anak-anak muda ini tidak melupakan permainan Balogo sebagai permainan tradisonal khasBanjar, namun terlepas dari itu, bagi yang orang Jawa atau yang lainnya juga ikut membaur bersama bermain Balogo.

Kegiatan ini di nilai sangat positif, dari pada harus melakukan kegiatan yang membahayakan orang lain seperti kebut-kebutan di jalan raya pakai sepeda motor, karena biasanya kaum muda sangat identik dengn kebut-kebutan.

Menurut Abduh pula, dari seringnya bermain Balogo siapa tahu kelak ada sebuah event atau festival lomba Balogo, maka dari itulah Desa Atilam sudah punya tim Balogo, katanya.baz

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook