PERTANIAN & BUDIDAYA

Persiapan Serasi Kementerian Pertanian Distribusikan Alsintan

INFOTANAHLAUT.COM-Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Distanholbun) Tanah Laut Ir.Akhmad Mustahdi, Kamis (17/10) mengatakan, dalam rangka mendukung kegiatan Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) tahun 2019 ada 9 kecamatan, 68 desa, dan 400 Kelompok Tani (Poktan), serta lahan seluas 17.654 ha di persiapkan dalam program Serasi tersebut.
Ia menambahkan, ada kucuran dana untuk perbaikan infrastruktur perbaikan rawa sebesar Rp 4.300.000 per hektar, dimana dana tersebut di transfer langsung ke nomor rekening Pengelola Keuangan Kegiatan (UPKK) di masing-masing desa.
“1 UPKK mengelola 100 sampai 200 hektar lahan, karena gabungan beberapa Poktan, dan dana sudah di salurkan ke nomor rekening, sekarang sedang dilakukan perbaikan pembuatan saluran, pembuatan pintu-pintu air, gorong-gorong, dan sarana pertanian lainnya,”jelas Mustahdi.
Lebih lanjut di katakan Mustahdi, sekarang tengah di garap lahan, maka sangat di perlukan sarana alat pertanian, untuk itulah oleh Kementerian Pertanian melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalsel mengalolasikan untuk Distanholbun Tala sebanyak 11 unit alat berat exavator PC 200, dan 10 unit traktor roda 4 yang akan di sebarkan di beberapa kecamatan dan desa guna menunjang kegiatan Serasi di Tala.
Saat sekarang di halaman kantor Distanholbun Tala telah parkir sejumlah alsintan berbagai jenis, dari ukuran kecil, sedang hingga besar.
Semua alsintan tersebut merupakan murni dari APBN dan siap di pinjam pakaikan ke poktan-poktan.
Selain itu di kucurkan sarana produksi untuk menunjang budi daya padi di lahan rawa Serasi.
Di Tala sendiri beberapa benih padi di sakurkan melalui Distanholbun Tala yakni sebanyak 60 kg per hektar, kapur Dolomit 500 sampai 800 kg per hektar, Herbisida 3 liter per hektar, dan pupuk Hayati 25 kg per hektar, kesemua itu yang akan di distribusikan ke Poktan untuk penanaman padi seluas 17.654 hektar.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook