PUBLIK

Personil Fire Fighter Adu Ketangkasan Atasi Karhutla

INFOTANAHLAUT.COM-Sabtu pagi (24/11/2018) lokasi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kijang Mas Permai terlihat sekelompok mobil barisan pemadam kebakaran yang lengkap dengan personilnya. Mereka yang sering di sebut Fire Fighter atau pasukan pemadam kebakaran tengah melakukan lomba ketangkasan dalam hal memadamkan kebakaran utamanya menyangkut kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).
Di gambarkan ada insiden kebakaran lahan, maka kesiap siagaan dan kemahiran anggota pemadam kebakaran ini di lihat kemampuannya. Saling koordinasi antara satu personil dengan personil lainnya, baik yag bertugas di bagian mesin pompa air maupun yang pegang selang air.
Kekompakan dan koordinasi itulah yang di nilai para juri, karena ketangkasan dan kemahiran dalam hal mengatasi sebuah kebakaran lahan, bagaimana para pasukan fire fighter ini dengan cepat dan tepat dalam memadamkan kobaran api, berikut dengan menilai faktor Safety (Keamanan) bagi petugas penjikan si jago merah pun tidak luput dari penilaian.
Masing-masing tim terdiri dari 10 orang personil, dan dalam lomba ketangkasan petugas pemadam kebakaran di ikuti sebanyak 9 tim, baik itu dari BPK Pemkab Tanah Laut maupun BPK swasta di dalam kota Pelaihari atau di kecamatan lainnya.
Rintangan di depan harus mereka lewati sambil membawa selang air untuk menuju titik api. Memanjat, melompat serta berlari membawa selang di butuhkan fisik yang kuat.
Dari lomba itu, juara pertama dari BPK Kampung Gedang, juara kedua BPK Balirejo dan juara ketiga BPK Palam.
Sekretaris Daerah (Sekda) Tala Drs. Syahrian Nurdin yang menutup lomba sekaligus memberikan hadiah kepada masing-masing pemenang. Juara 1 sampai dengan juara 3 mendapatkan tropi dan uang pembinaan, sedangkan juara harapan 1 sampai dengan harapan 6 mendapatkan uang pembinaan.
BPK Arissa yang di tahun sebelumnya sebagai juara pada lomba kali ini cukup puas di urutan juara harapan 1.
“Lomba sebagai ajang silaturrahmi, asah kemampuan, unjuk ketangkasan antar tim dan pembinaan terhadap kelompok pemadam,”kata Sekda.
Adu ketangkasan tersebut di prakarsai oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut.Tung

5
83%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
1
16%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook