PUBLIK

Persuasif, Tanpa Tindakan Tegas, Namun Diawasi

INFOTANAHLAUT.COM-Seperti yang telah di jadwalkan, bahwa Pemkab Tanah Laut berupaya merapikan para PKL di sepanjang jalan masuk pasar ikan Pelaihari, Jum’at (17/3), Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, TNI dan Polri yang memback up kegiatan kantor Pengelola Pasar, melakukan penertiban kepada PKL.

Penertiban yang berajalan dengan pendekatan persuasif dari Sat Pol PP, tanpa ada memberikan tindakan tegas mendapat sambutan hangat para PKL.

Bahkan, saat anggota Sat Pol PP, TNI dan Polri beserta kantor pengelola pasar tiba di lokasi, para PKL ini dengan kesadaran sendiri melepas tenda terpal mereka yang memang membentang di jalan, termasuk tali-tali pengikat terpal yang kesana kemari.

Bermodal pisau atau sejenisnya, para PKL memutus tali-tali terpal, dan selanjutnya melipatnya.

Di perkirakan ada puluhan PKL yang memajang lapak jualan mereka, mulai dari dagangan ikan, sayur, daging ayam.

Pemerintah Kabupaten Tanah Laut sendiri telah menyiapkan lokasi baru (relokasi) bagi PKL ini, yakni lapak-lapak yang berada di belakang pasar daging sapi.

Suasananya memang cukup teduh, layaknya di buat bangunan pasar.

Menurut Mahyudin, selaku ketua Paguyuban Pedagang Ikan Sayur mengatakan, memang sudah jauh-jauh hari sosialisasi kepada PKL ini dilakukan agar menempati lokasi baru yang sudah di siapkan.

“lapak-lapak yang baru ini memang hanya berjumlah 60 buah, bagi PKL yang tidak kebagian akan di atur di sekitar lapak-lapak yang baru tersebut,” jelasnya.

Ia menambahkan, bagi PKL untuk bisa mendapatkan lapak baru ini dengan cara mengambil kupon yang sudah ada nomornya, dan tidak di pungut biaya.

Penertiban PKL yang tanpa adanya tindakan tegas itu pun pada akhirnya membuat kondisi jalan terlihat lebar dan terang, pasalnya selama ini kondisi jalan itu sempit dan gelap lantaran terturtup tenda atau terpal PKL.

Pasca penertiban PKL ini, dari Sat Pol PPmemberikan peringatan kepada PKL, jika kelak masih ada di temukan atau PKL kembali lagi berada di lokasi asal, maka tindakan tegas akan di berikan, berupa pengangkutan lapak jualan, karena terhitung sejak hari penertiban dilakukan, maka hal itu sudah menjadi waktu penertiban, dan dalam masa pasca penertiban akan di tempatkan anggota Sat Pol PP, TNI danPolri yang melakukanpengawasan pada lokasi awal penertiban.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook