PEMERINTAHAN

Petani Ditantang Target Tanam Kedelai 10.000 Hektar

INFOTANAHLAUT.COM- Tantangan kedepan bagi petani kedelai di Kabupaten Tanah Laut yakni adanya target untuk luasan tanam kedelai seluas 10.000 hektar yang telah di susun oleh Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Tanah Laut.
Hal ini di ungkapkan Mustahdi kadis tanaman pangan holtikultura dan perkebunan Tala, belum lama tadi kepada infotanahlaut.com usai penanaman kedelai di Desa Sungai Riam bersama BPTP Kalsel, TNI AD dan petani.
Menurut Mustahdi, khusus untuk program pengembangan pajale di Kabupaten Tanah Laut yang sudah dilakukan saat panen padi di Desa Sungai Riam Kecamatan Pelaihari belum lama tadi, dimana hal itu memberikan kontribusi yang baik di dalam rangka peningkatan upaya khusus pajale tersebut.
Ia menambahkan, di samping selain panen padi ada penanaman kedelai di areal milik kelompok tani Mekar Tani Desa Sungai Riam, dan Kabupaten Tanah Laut juga di targetkan 10.000 hektar untuk pengembangan kedelai yang di awali penanamannya di Desa Sungai Riam.
“harapan dengan adanya penanaman kedelai, mudahan realisasi pengembangan tanaman kedelai yang di targetkan itu bisa tercapai, dan Pemkab melalui dinas terkait jelas memberikan dukungan penuh terhadap program ini, juga adanya berkat dukungan piha swasta, serta dukungan dari beberapa kelompok tani yang ada di desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Laut, dan yang sangat penting kedepannya menginginkan kebutuhan akan kedelai di Tanah Laut cukup dari hasil produksi petani kedelai di Tala sendiri,” jelas Mustahdi.
Hal senada di utarakan Muslimin kepala Balai Pengkajian Tehnologi Pertanian (BPTP) Kalsel, di Desa Sungai Riam sendiri ada dilakukan pengkajian berupa dukungan teknologi terhadap peningkatan Indek Pertanaman (IP), dimana di lokasi Desa Sungai Riam yang sangat berpotensi, lahan cukup luas, subur dan ada sumber air yang dapat di kelola dengan baik, sehingga IP pun dapat di tingkatkan.
Ia menambahkan, di lokasi ini bagaimana menerapkan padi palawija yang sudah masuk musim tanam kedua, dan hal ini sangat sinkrom dengan program pajale, dan bersinergi untuk kelanjutan tanam musim berikutnya.
Di BPTP sendiri melakukan pengkajian dalam skala-skala tertentu, dengan harapan dinas terkait di tingkat kabupaten dapat meneruskan kajian dari hasil penerapan teknologi dari BPTP Kalsel.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook