PUBLIK

Petani Holtikultura Panen Melon

INFOTANAHLAUT.COM-Buah Melon yang di tanam pada bulan April lalu di dua lokasi yakni Desa Sumber Makmur Kecamatan Takisung dan Desa Ujung Batu Kecamatan Pelaihari, kini di kedua tempat tersebut panen buah melon.
Belum lama tadi para petani melon ini pun memanennya. Seperti buah melon dari Desa Sumber Makmur Kecamatan Takisung luasan areal perkebunan melon seluas 0,5 hektar dengan varitas melon oranya dan putih.
Kepala bidang Holtikultura pada Dinas Tanaman Pangan Hoktikulura dan Perkubunan (Distamholbun) Tala Al Jamaludin Malik,A.Pi, Kamis (9/5/2019) kemarin mengatakan, varitas Oranye dan Putih memang ada perbedaab soal harga, dan cenderung agak mahal harga oranye.
Menurutnya, pada panen buah melon di Desa Sumber Makmur secara keseluruhan banyaknya melon yang di panen sebanyak 20 ton sampai panen tetakhir, dan pada panen perdana kemarin sebanyak 2 ton.
Tanaman buah melon di Desa Sumber Makmur sendiri di kelola oleh Kelompok Tani (Poktan) Surya Tani Jaya. Harga Rp 7.000 per kg melon di petani, akan tetapi kalau sudah keluar bisa mencapai Rp 10.000 per kg.
“Sejak bulan April lalu bibit melon di tanam petani di kedua lokasi tersebut. Pemasaran buah melon hanya lokal saja. Konsumsi melon untuk Kabupaten Tanah Laut di akui cukup banyak. Petani holtikultura sendiri punya perhitungan dan memperhatikan pangsa pasar untuk tanam komoditi buah-buahan, atau tidak jauh dari jenis tanaman holtikultura seperti tomat, lombok dan sayuran lainnya,”jelas Malik.
Malik menambahkan, pasca panen tanaman buah melon, petani tidak lantas menanam melon kembali, namun beralih ke komoditi lain, dengan tujuan untuk memutus siklus hama.
Perkembangan tanaman perkebunan di Kabupaten Tanah Laut mulai berkembang. Menurut Malik pula, di prediksi pada bulan Juli 2019 mendatang akan panen bawang merah di Desa Jayau seluas 2 hektar. Untuk menopang petani dalam menanam, pada Distanholbun juga sudah di siapkan mesin pompa air yang bisa pinjam pakai. Bawang merah yang bakal panen pada bulan Juli mandatang merupakan bantuan dari Distanholbun provinsi Kalsel dalam bentuk bibit, pupuk, dan pada panen bawang merah tersebut merupakam penangkaran bawang merah, dimana saat panen maka kembali di tanam pada lokasi lain atau lokasi semula,tutupnya.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook