PUBLIK

Petugas Pajak Acapkali Terancam Jiwanya

INFOTANAHLAUT.COM-Diakui, bagi seorang petugas pajak jika ke sebuah perusahaan yang nunggak dalam pembayaran pajak, acap kali keselamatan jiwanya terancam. Pengancaman itu sengaja di gunakan oleh pihak perusahaam dengan memakai pihak lain. Setiap kali petugas pajak datang keperusahaan tersebut untuk menagih pajak sudah di sambut dengan situasi yang kurang membuat nyaman. Ruangan khusus pun di siapkan agar upaya pengancaman tidak terlihat oleh karyawan lain. Selain ancaman juga di tekan agar di kemudian hari tidak perlu lagi datang ke perusahaan jika urusannya pajak dan pajak lagi, demikian pengalaman sebagai petugas pajak perusahaan yang di alami oleh Ahmad Suljana,SE perwakilan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan provinsi Kalsel, Senin (26/11/2018) di aula Pencerahan kantor Bappeda Tala menyampaikannya di hadapan ASN dari SKPD terkait soal pajak, dalam sosialisasi Perda nomor 2 tahun 2018 tentang perubahan Perda tahun 2013 tentang pajak daerah dan Perda nomor 2 tahun 2011 tentang pajak sarang burung walet.
“Boleh terjadi kesepakatan antara wajib pajak dengan petugas pajak lewat telpon, namun demikkan harus pula di sertakan atau di siapkan dokmen pajaknya,”ungkap Suljana.
Ahmad Suljana merupakan nara sumber dari sosialisasi tersebut, juga bersama kepala Dinas Pendapatan Daerah (DPD) Kabupaten Tanah Laut Surya Arifani.
Terkait pajak sarang burung walet, dalam paparannya Suljana menjelaskan, kepada pengusaha walet berikan ia kepercayaan 100 persen, baik itu menghitung sendiri, setor sendiri, akan tetapi juga di ingat bahwa Pemkab Tanah Laut juga punya kewenangan 100 persen.
“Walet, sejak menumpuk produksinya sudah ada hak hitung, objeknya saat pengambilan bukan setelah di jual. Diakui banyak pemerintah daerah yang kesulitan memungut pajak sarang burung walet,”katanya.
Pajak daerah sendiri adalah kontribusi wajib pajak kepada daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan di gunakan untuk keperluan daerah, dan bagi kemakmuran masyarakat sebesar-besanya.
Retribusi pajak sendiri adalah pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus di sediakan atau di berikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan orang pribadi atau badan.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
100%
angry

Komentar Facebook