PUBLIK

PKL Pilih Kembali Kebahu Jalan

INFOTANAHLAUT.COM- Pedagang Kaki Lima (PKL) baik itu PKL sayuran, buah dan ikan yang semula berjualan di bahu jalan masuk pasar Tapandang Berseri, dan telah di siapkan lokasi baru yang berada di belakang pasar los daging, kini lebih memilih berjualan di lokasi semula.
Namun, tempat baru tersebut rupanya kurang di minati PKL dengan alasan dagangan mereka tidak laku, dan pembeli kadang enggan harus sampai ke lokasi tersebut, sehingga kini para PKL itu pun kembali berjualan di bahu jalan, atau berada di depan toko-toko. Proses pemindahan sendiri hanya dalam hitungan beberapa hari yang lalu.
Rini, salah seorang PKL sayuran, Selasa (9/5) menuturkan alasanya kembali menjajakan barang dagangannya di bahu jalan. Menurutnya, jika berjualan di lokasi yang baru itu sepi dari pembeli, di samping itu posisinya juga cukup jauh berada di belakang pasar sama sekali.
Kendala lain yang menjadi keluhan PKL di bahu jalan tersebut, lantaran pada bagian belakang dari halaman eks Plaza Bajuin yang berada di depan pasar juga ramai PKL berjualan, otomatis pembeli pun cukup membeli aneka kebutuhan hanya di PKL di belakang Plaza Bajuin tanpa harus masuk ke dalam lokasi pasar, terlebih menuju lokasi lapak baru yang berada di ujung jalan pasar.
“selain jauh, di lokasi baru itu juga tertutup oleh toko lainnya yang dekat dengan lapak-lapak yang baru, belum lagi kondisi lapaknya yang sempit,”keluhnya.
Melihat gejala bakal sepinya pembeli yang datang ke lokasi lapak yang baru tersebut, Rini lebih memilih kembali berjualan di bahu jalan. Praktis memang bagi Rini karena pembeli sambil jalan bisa langsung membeli apa yang di butuhkan.
Melihat kondisi macam ini, Rahmadi Kepala Bidang Pasar pada dinas koperasi, usaha kecil dan perdagangan di konfirmasi mengatakan, memang perencanaan penempatan PKL di lapak baru itu awalnya untuk memberikan keleluasaan kondisi jalan, sebab jika PKL pada bertengger di bahu jalan, maka jalan umum itupun menjadi sempit oleh lapak-lapak dagangan mereka.
“ada di bentuk tim yang terdiri dari Sat Pol PP, TNI dan Polri serta bidang pasar sendiri, dan dalam kondisi ini masih dilakukan pendekatan persuasif, namun jika kelak ada sebuah peringatan keras dari pimpinan untuk menertibkan pedagang, maka tindakan tegas berupa pengangkutan lapak-lapak jualan terpaksa dilakukan,”jelasnya.
Saat ini terdata ada puluhan PKL yang berada di bahu jalan. Pemkab Tala melalui dinas terkait terus berupaya melakukan penertiban, agar terlihat rapi kondisi pasar.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook