KESEHATAN

PMI Berbenah Untuk Maksimalkan Pelayanan

INFOTANAHLAUT.COM- Keberadaan organisasi kemanusiaan seperti Palang Merah Indonesia (PMI) menjadi harapan dalam hal urusan kemanusiaan utamanya menyangkut donor darah. Bagi PMI Kabupaten Tanah Laut yang kini melakukan pembenahan pada gedung atau sekretariat yang tengah di bangun representif dengan tujuan jangka panjangnya dapat memberikan pelayanan maksimal kepada warga di Kabupaten Tanah Laut dalam hal kebutuhan darah.
Gedung PMI Tala sebelumnya yang menggunakan eks rumah dinas dokter gigi di samping kanan dari rumh sakit H.Boejasin Pelaihari jalan H.Boejasin sudah di nilai tidak layak namun kini telah di bongkar total dan oleh Dinas Pekerjaan Umum,Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Tanah Laut dan konsep kedepan di bangunkan gedung yang memiliki 2 lantai dengan panjang 20 meter dan lebar 25 meter persegi.
Ketua PMI Tala Drs.Syahrian Nurdin, Jum’at (27/07/2018) pekan tadi mengatakan,memang diakui awalnya sekretariat dan untuk pelayanan darah tempatnya termasuk untuk urusan administrasi cukup memprihatinkan dengan kondisi bangunan yang menggunakan eks rumah dinas dokter gigi yang sempit.
“Barangkali suasana kerja staf PMI pun tidak nyaman di tengah-tengah ruangan yang sempit dan bercampur dengan peralatan PMI,”kata Syahrian.
Ia menambahkan, alhamdulillah PMI Tala mendapatkan dana hibah sebesar Rp 2,6 milyar dari APBD tahun 2018, sehingga dana tersebut dapat di gunakan untuk membangun gedung,dan untuk konsep seperti apa bentuk bangunan sepenuhnya kewenangan dari DPUPRP Tala. Tahun 2019 rencananya ada hibah peralatan untuk pendukung Unit Donor Darah dari Dinas Kesehatan Tala.
Menyangkut fasilitas peralatan pada gedung baru PMI kelak masih memakai fasilitas yang sudah di miliki sebelumnya seperti dapur umum. Pada lantai dasar di gunakan untuk Unit Donor Darah,siaga mobil ambulan dan mobil operasional PMI. Di bagian lantai 2 untuk markas relawan PMI yang ada di 11 kecamatan Serta Palang Merah Remaja (PMR) dari sekolah maupun Poltek Negeri Tala. ang nantinya di lengkapi radio komunikasi.
Syahrian menambahkan, seiring kelak dengan selesainya pembangunan rumah sakit baru di Kelurahan Sarang Halang,maka PMI jelas akan berperan penting dan saling ada keterkaitannya utamanya dalam hal kebutuhan darah. Disamping itu secara perlahan terhadap sarana dan prasana di PMI ini akan di lengkapi. Saat ini ada 41 item peralatan yang di miliki,hanya saja 3 buah Blood Bank (Penyimpan darah) 1 mengalami kerusakan.
Selama proses pembangunan gedung PMI yang baru pelayanan akan kebutuhan darah tetap berjalan seperti mana biasa dan sementara di pindahkan di jalan Hutan Kota.Pengerjaan pembangunan gedung PMI Tala dilaksanakan selama 200 hari kalender pengerjaan, dengan niaii proyek Rp 2.545.031.000.Tung

0
0%
like
2
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook