PUBLIK

Pola Tukar Guling Lahan Tuk Stadion Baru

INFOTANAHLAUT.COM-Wacana Pemkab Tanah Laut untuk kembali membangun fasilitas umum olahraga yang jauh lebih representatif dari yang sudah dimiliki yakni stadion Pertasi Kencana, harus dengan cara tukar guling lahan dengan pihak Pemerintah Provinsi Kalsel.
Lokasi yang di ploting dengan sistem tukar guling untuk stadion baru tersebut berada di Desa Bajingah Kelurahan Sarang Halang.
Ada hamparan lahan seluas 10 hektar yang di wacanakan untuk di bangunnya stadion baru pengganti Pertasi Kencana.
Dilokasi tersebut memang agak jauh dari pemukiman penduduk dan berada dekat dengan perkebunan karet dan kelapa sawit.
Tidak jauh dari lokasi bakal stadion baru terdapat sekolah kejuruan farmasi, dan yang pastinya di lahan itu milik UPT Balai Benih Unit Produksi Benih Palawija Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura (Distanholbun) Pemprov Kalsel.
Peninjauan pun dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Drs.Syahrian Nurdin bersama Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) beserta Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Tala, dan sekaligus dilakukan pengambilan foto udara menggunkan drone milik DPUPRP Tala pada lokasi untuk stadion baru pekan tadi.
Dalam keterangan persnya Sekda di sela-sela peninjauan mengatakan, melihat pada kondisi stadion yang ada tidak terlalu representatif lagi, baik dari aspek olahraga dan aspek lingkungan yang ada dekat dengan kawasan pemukiman.
Pemkab Tanah Laut terang Sekda berkeinginan dan mewacanakan membangun stadion baru, utamanya untuk sepak bola atau sport centrenya Kabupaten Tanah Laut dengan lokasi yang baru sekarang.
Tidak selamanya rencana tersebut mulus berjalan.
Sekda memaparkan bahwa lokasi yang di rencanakan di bangun stadion baru itu milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, dan dari Pemprov sendiri ada keinginan untuk meminta tanah atau hibah dari Pemkab Tala di sekitar kawasan gunung Kayangan.
Proses penjajakan dilakukan sekarang apakah memungkinkan terjadinya tukar guling lahan.
Pemkab Tala mendapatkan lahan yang ada sekarang lebih kurang 10 hektar, dan tentunya di nilai berapa nilainya dengan tukar guling lahan di kawasan gunung Kayangan yang di ketahui bersama di situ lokasi yang sangat strategis dan berada di jalan provinsi, jelas Sekda.
Menurut Sekda pula, melihat dari aspek pergerakan ekonomi juga berpengaruh besar jika stadion di bangun Desa Bajingah. Akan ada pembangunan-pembangunan oleh masyarakat, kemudian kalau ada kegiatan olahraga dalam skala besar yang melibatkan kota-kota lainnya, maka berolahraganya di sini, maka untuk istirahat atau menginapnya di kota Pelaihari, tutup Sekda.
Jika di Desa Bajingah dapat di bangun pembangunan stadion baru, maka itu adalah dalam rangka untuk mengembangkan wilayah dan perekomomian masyarakat. Dalam artian jika wilayah Desa Bajingah di buka, maka pergerakan kegiatan usaha akan berkembang.Tung

2
66%
like
0
0%
love
1
33%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook