POLRES TALA

Polres Ekpose 6 Manajemen Perubahan Di WBK Dan WBBM

INFOTANAHLAUT.COM-Senin,(15/10/2018) kemarin Kapolres Tanah Laut AKBP Sentot Adi Dharmawan, SIK, MH di dampingi Kabag Ops, Kabag Ren, Kasat Lantas, Kasat Sabhara, Kasat Intel, Kasi Was dan dua orang operator telah mengikuti kegiatan evaluasi zona integritas menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) di lingkungan Polri gelombang II di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Ada 14 Polres se Indonesia yang menyampaikan paparan WBK dan WBBM tersebut dan untuk wilayah Kalsel hanya Polres Tala dan Polres Banjarbaru.
Pembukaan kegiatan oleh Asdep RB dan Kunwas Drs. Agus Uji Hantara, ME. Dalam kegiatan kemudian pembagian kelas dan Tim Penilai (Polres Tanah Laut kelas Candi Dieng), pelaksanaan penilaian oleh tim penilai, kemudian arahan dari Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Yusuf Ateh, AK, MBA yang di lanjutkan penilaian evaluasi WBK Polres Tanah Laut oleh Kapolres Tala.
Kabag Ops Polres Tala Kompol Fauzan Arianto di konfirmasi mengatakan, terjadi pula tanya jawab tim penilai dengan Kapolres Tanah Laut beserta anggota tim Polres Tala dan sekaligus dilakukan pendalaman materi. Tim penilai untuk Polres Tanah Laut sendiri dari Kementerian PAN dan RBP, antara lain Galih Hadiwijaya, Paulus Julius Rahakbauw.
“Polres Tanah Laut melakukan ekpose 6 manajemen perubahan peningkatan layanan publik, yakni manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik,”kata Kompol Fauzan.
Sebelumnya, tentulah Polres Tala mendapat sejumlah kunjungan dan penilaian dari berbagai pihak terkait program WBK dan WBBM. Kunjungan dilakukan tim internal Mabes Polri dari Kasubag Sislap Bagsis Infolap Rorena Asrena dan Kasubag Sisinfo Bagsis Infolap Rorena Asrena. Kemudian suvei dari Badan Statsitik Kabupaten Tanah Laut menyangkut layanan keamanan, dan ketertiban dengan responden tokoh masyatakat, kepala desa, Hansip, dan Satpam dengan sampel 3 Polsek. Kemudian layanan SIM, SKCK, serta layanan pengaduan masyarakat ke SPKT dan Polsek. Terakhir kunjungan dari tim Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI yang melakukan penilaian di bagian SPKT, Satpas SIM, ruang menyusui ibu dan anak, ruang Command Center Pusat kendali kamtibmas Tuntung Pandang 98, ruang penyimpanan barang bukti (Tahti), serta ruang tahanan.
Apa saja 6 point yang ada di Polres Tala yang di sampaikan Kapolres Tala ?
Polres Tanah Laut tentulah punya catatan dari tahun ke tahun. Dari tahun 2016 penghargaan dari Kapolri karena masuk 10 besar.
Pada survei lain menyangkut pelayanan publik, hasil survei mendapatkan rangking 13 dari 69 Polres Tabes, Metro dengan skor pelayanan SIM dan SKCK total 2.000 kategori sangat baik. Penghargaan ke personal Polres juga tidak luput, di tahun 2017 AIPDA Munadi Kanit Binmas Polsek Takisung menerima penghargaan dari Kapolri sebagai polisi teladan atas prestasi sebagai ketua yayasan TK Al Quran, polisi mengajar, khotib solat jumat, pembina kelompok peternak sapi, serta membantu pelayanan transportasi kesehatan dan ibu melahirkan secara gratis. Penghargaan terkini lainnya di tahun 2018 yakni kepada Bripka Trie Wardoyo kanit Binmas Polsek Kurau. Ia menerima penghargaan dari Kapolri karena berprestasi berkinerja baik dengan peduli terhadap warga dengan metode pengembalian kepercayaan diri bagi warga yang mengalami gangguan jiwa. Dilanjutkan penghargaan kepada 18 personil dari Pemkab Tala atas dedikasi, prestasi, pengabdian kepada masyarakat dan mengharumkan daerah. Kemudian Hadrah Maulid Habsy, yang di bentuk untuk mengisi acara keagamaan di internal.
Penghargaan lain dari Kantor Pelayanan Perbendaharan Negara (KPPN) Pelaihari terbaik 1 atas penyerapan anggaran mencapai 98,6 persen serta transparansi dalam penggunaan anggaran tersebut dari tahun 2016 dan 2017. Kemudian penghargaan dari Pemkab Tala dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang sukses menghantarkan pelaksanaan Pilkada bupati dan wakil bupati tahun 2018.
Pelayanan Comman Center pusat kendali Kamtibmas Tuntung Pandang 98, dimana sebagai central pemantauan titik-titik rawan kamtibmas dengan memasang CCTV di 30 titik, berkemampuan zoom 30 kali dan dengan kapasitas server 20 terra.
Adanya Kampung Lalu Lintas di Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari sebagai upaya membangun budaya tertib dan selamat dalam berlalu lintas. Coaching Clinic Satlantas setiap hari Minggu di RTH Kijang Mas Permai. Kemudian Kanakan Bekawan Polisi (KBP) sebuah pola pendekatan kepada anak-anak untuk merubah rasa takut anak kepada Polisi “Awas Ada Polisi”, bahwa sebenarnya polisi ramah dan bersahabat.
Program gowes kamtibmas, mendekatkan dengan masyarakat agar bisa memberikan informasi, mengeluarkan uneg-unegnya apa saja yang terjadi di tengah-tengah masyarakat tersebut.
Program seribu untuk keselamatan, mengajak anggota Polres Tala untuk lebih peduli terhadap pelapor keselamatan lalu lintas serta mengingatkan anggota untuk menggelorakan keselamatan dalam berlalu lintas.
Paymet Point (Samsat Desa), kemudahan bagi masyarakat untuk bayar pajak kendaraan bermotor melalui bank yang di tunjuk, sehingga tidak harus ke kantor Samsat di kabupaten. Kemudian Polwan Tangguh, di bentuk di jajaran Polwan untuk siap pakai dalam pengamanan unjuk rasa, antisipasi kejahatan, dan karhutla.
Mopar, modifikasi motor dinas trail roda dua untuk keperluan membawa peralatan pemadaman karhutla begitu pula dengan mobil dinas.
Warung kamtibmas, berfungsi untuk mengetahui secara lebih mendalam tentang kondisi di tengah-tengah masyarakat, sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan dini dan sekaligus dilakukan pembinaan.
Bedah rumah, sebagai implementasi interaksi polisi dengan masyarakat yang kurang mampu dan layak membutuhkan bantuan.
Jurnalist Day, sebuah langkah kemitraan antara insan pers dan polisi, sehingga dalam setiap kebijakan yang di lahirkan bisa di terima dan di dukung oleh publik dalam rangka memberantas penyakit masyarakat (Pekat). Polres berempati, sebagai bentuk simpati bagi warga sekitar maupun di internal polisi yang meninggal dunia.
Take And Give, berupa penyerahan barang bukti hasil ungkap kasus curanmor kepada pemiliknya. Polres juga memberikan reward kepada masyarakat yang telah membantu tugas polisi, salah satunya warga Jalan Ki Hajar Dewantara yang telah menyerahkan pelaku curas. Penghargaan kepada Poktan Membangun dalam pencegahan karhutla dengan cara membangun tower pemantau. Kemudian melakukan patroli di tempat wisata dan ibadah. Apel besar jam pada pimpinan untuk mencontohkan sikap disiplin ke anggota.
Binmas perairan, Polair peduli lingkungan, jumat pahala, dan sahabat polair. Jumat bersih-bersih di sekitar asrama polres. Peduli korban bencana baik banjir maupun kebakaran. Police Goes To School sebagai upaya penyadaran berlalu lintas kepada kalangan pelajar. Pembinaan rohani dan mental yang rutin dilakukan di mesjid Nuruddin Polres sebagai upaya menghindari prilaku menyimpang anggota. Silaturahmi kepada ulama untuk membangun opini positif polisi.
Kerjasama dengan Pemkab Tala menyangkut Saber Pungli, forum LLAJ, forum pengawas, pengawal, pembangunan daerah dan Manunggal Tuntung Pandang. Kemudian olahraga dan safari jumat, dan yang tidak kalah pentingnya Sinergitas Polri dan TNI Kodim 1009 Pelaihari untuk mewujudkan suasana kondusif di Kabupaten Tanah Laut dalam segala moment daerah maupun nasional.
Hasil dari ekpose 14 Polres se Indonesia, kalau tidak ada perubahan hasilnya di umumkan pada tanggal 10 Desember 2018 di PTIK Mabes Polri Jakarta.Tung

7
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook