PUBLIK

Polres Pun Bentuk Unit Anti Persekusi

INFOTANAHLAUT.COM- Terhadap kejahatan Persekuisi atau ajaran kebencian melalui media sosial yang menjadi atensi pimpinan Polri, maka Polres Tanah Laut membentuk pasukan atau unit anti persekuisi media sosial tersebut. Di hadapan awak media, Kabag Ops Polres Tala Kompol Fauzan Arianto,SH,Sik di damping Kasat Reskrim AKP Alfian Tri Permadi,Sik Rabu (7/6) di Polres Tala menjelaskan tentang pasukan yang di bentuk ini.

Menurut Kabag Ops, sebanyak 25 orang anggota unit anti persekusi ini baru di bentuk 2 hari lalu, dan tugasnya adalah menyangkut kejahatan persekusi.

Dapat di jelaskan bahwa kejahatan persekusi adalah bentuk kejahatan dengan cara perburuan sewenang-wenangnya terhadap seseorang ataupun kelompok, dimana kelompok tersebut memposting melalui media facebook atau lainnya sebagai wadah mereka dengan tujuan mengintimidasi, jika ada terjadi perbedaan pendapat atau pandangan terhadap konten yang di postingnya.

Sementara itu, kasat reskrim Akp Alfian menambahkan, terhadap kejahatan ini bisa di terapkan pasal atau undang-undang ITE, atau KUHP umum.

“meminta dengan penuh kesadaran kepada warga, jika ada menemukan ajaran kebencian di media sosial, untuk segera lapor ke Polres dan hal itu di tindak lanjuti. Masyarakat di minta untuk tidak mengeksekusi sendiri, sehingga akan muncul pidana yang dimaksud persekusi itu tadi,” jelas Alfian.

Di tambahkan, terhadap orang yang membuat konten tersebut bisa di arahkan ke pasal 27 atay 3 UU ITE, jika isi kontennya berbau pencemaran nama baik atau juga berbau fitnah dan ini sifatnya delik aduan, silakan masyarakat yang menilai itu fitnah atau pencemaran nama baik untuk melaporkan, atau ada pula konten yang yang menyangkut sara.

Di unit anti persekusi juga terdiri dari dua satgas, yakni satgas deteksi, yakni mendeteksi kegiatan fisik maupun di media sosial juga telah di bentuk cyber patrol yang tugasnya berpatroli di medsos, barangkali ada postingan yang mengarah pada tindakan persekusi tadi.baz

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook