RELIGI

Pro Kontra Bewali Nikah Via Hp

INFOTANAHLAUT.COM- Proses mewalikan calon pasangan pengantin utamanya bagi wanita yang tersambung lewat Hp untuk minta di walikan saat akan nikah,dinilai banyak kekurangan dan meragukan ke absahan dari orang yang di walikan tersebut,demikian di utarakan M.Fitri selaku penghulu fungsional pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pelaihari,Senin (13/08/2018).
Bewali lewat hp banyak kendalanya karena setelah itu di butuhkan tanda tangan wali seperti tanda tangan Akte nikah, tanda tangan wali nikah,daftar pemeriksaan nikah model NB yang di terbitkan oleh KUA serta surat pernyataan data diri calon yang nikah. Bewali lewat cara ini pun masih pro dan kontra.
“Memang secara agama islam ada dua pendapat dari ulama yakni memperbolehkan dan tidak,akan tetapi dari segi adminitrasi di KUA di butuhkan adanya kelengkapan data dan tidak manipulasi,”jelasnya.
Sementara dalam program Sistem Informasi Nikah (Sikmah) di setiap KUA di kecamatan sudah berjalan. Masyarakat yang hendak melaksanakan nikah di KUA tidak di kenakan biaya,akan tetapi yang nikah di luar KUA biaya nikah sebesar Rp 600.000 dengan membayar pada 4 bank yang telah di tunjuk.
Program Simkah sendiri sudah di sosialisasikan oleh kepala desa maupun Lurah. Tercatat,data di KUA Kecamatan Pelaihari di bulan Januari 2018 sebanyak 45 pasangan,bulan Februari 70 pasang, bulan Maret 45 pasangan,bulan April 50 pasangan,bulan Mei 55 pasangan bulan Juni 28 pasangan dan bulan Juli 27 pasangan dengan desa sebanyak 29 buah untuk wilayah Kecamatan Pelaihari.
Meningkatnya jumlah pasangan yang menikah terang Fitri,yakni biasanya pada musim lebaran haji dan menjelang bulan puasa. Kebiasaan adat yakni terejepit dua kutbhah yakni Idul Fitri dan Idul Adha. Padahal sebenarnya tidak masalah mau hari apa saja,cuma karena sudah adat jadi kadang menunggu moment yang di rasa pas, baik hari maupun tanggal dan bulan.
Sementara saat di singgung tentang keberadaan penghulu di kampung ?
Menurut Fitri,sejak tahun 2016 semua penghulu se Indonesia tidak lagi di perpjanjang bagi mereka yang di sebut Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N).Tung

0
0%
like
0
0%
love
1
33%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
2
66%
angry

Komentar Facebook