SOSIAL

Program CTP Tuk Ringankan Korban Pulau Sebuku

INFOTANAHLAUT.COM-PMI Tala memberikan bantuan berupa Cash Transfer Programming (CTP) kepada warga yang menjadi korban kebakaran di Pulau Sebuku,Kabupaten Kotabaru yang terjadi pada tanggal 23 November 2019 lalu. Program bantuan ini berasal dari dana sumbangan masyarakat Kabupaten Tanah Laut yang di himpun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,Dinas Sosial dan PMI Tanah Laut.
Progran itu turut pula di dampingi oleh PMI Kabupaten Kotabaru yang berbarengan dengan PMI Kabupaten Banjar dan Hulu Sungai Utara.
CTP dalam bentuk voucher belanja di serahkan untuk 130 KK terdampak langsung dengan nominal Rp 740.000,dan kegiatan dilaksanakan selama 4 hari yakni tanggal 26-29 Desember 2019.
Program CTP dilakukan untuk mengefektifkan bantuan agar kebutuhan korban benar-benar terpenuhi pada masa pemulihan pasca musibah. Setelah di serahkan,korban menukarkan voucher dengan peralatan nelayan,sembako,bahan bangunan berikut peralatan pertukangan,peralatan usaha,serta peralatan rumah tangga lainnya.
Di masa pemulihan pasca musibah tersebut tiap korban memiliki kebutuhan yang berbeda.
Ada yang untuk memenuhi modal usaha dengan membeli peralatan dan bahan dasar,kemudian ada yang sehari-harinya sebagai nelayan dengan membeli perlengkapannya kembali yang sudah habis terbakar,dan ada juga beberapa korban yang menggunakannya untuk bahan bangunan dan peralatan rumah tangga.
“Saya mengambil mixer untuk membuat kue yang nantinya bisa di jual seperti mana biasa usaha yang dilakukan yakni berjualan kue”,Kata Siti Ramsah salah satu korban.
Hal senada di utarakan Misran salah seorang korban yang berprofesi sebagai nelayan juga merasakan manfaat voucher tersebut untuk ia belikan peralatan menangkap ikan.
“Peralatan nelayan ini akan kembali gunakan untuk mencari ikan di laut. Peralatan sebelumnya sudah habis terbakar,”kata Misran.
Sementara itu Ahmad Zahid Petugas PMI Tala mengatakan,program bantuan ini di berikan tidak hanya untuk kebutuhan sehari saja,tapi juga bisa membuat ekonomi korban membaik untuk jangka panjang.
Keunggulan CTP korban dapat memilih sendiri kebutuhan mereka per keluarga.
Dalam misi kemanusiaan tersebut PMI Tanah Laut menugaskan 2 orang petugas pendampingan program.
Bantuan sebelumnya di serahkan oleh Ketua PMI Tanah Laut Syahrian Nurdin,Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Abdillah dan Kepala Dinas Sosial Nur Hidayat secara simbolis di kantor Bupati Kotabaru yang di terima langsung oleh Asisten 2 H.Joni Anwar dan Bupati Kotabaru Said Jafar,Kamis (26/12) kemarin.
Tim kemanusiaan baik PMI,Disdikbud dan Dinsos Tala menuju Pulau Sebuku adalah sebuah kecamatan yang harus di tempuh lewat jalur laut dari Kabupaten Kotabaru,dan di butuhkan waktu tempuh selama 35 menit dengan menggunakan speedboat.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook