PEMKAB TALA

PTT Dimanjakan Dengan 2 Jaminan

INFOTANAHLAUT.COM- Salah satu point terkait dengan jaminan perlindungan kepada seluruh Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkup Pemkab Tanah Laut kini PTT telah di manjakan dengan jaminan yang telah di berikan oleh BPJS ketenaga kerjaan dan BPJS kesehatan. Ada 2 Mou di bulan yang sama pula mengenai BPJS ketenaga kerjaan dan BPJS kesehatan yakni pada bulan Agustus 2017 lalu antara Pemkab Tala dengan BPJS ketenaga kerjaan dan BPJS kesehatan.
Maria,S.Psi. Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Tala, Senin (28/1/2019) menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Tala nomor 40 tahun 2018 tentang Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK), satu di antaranya fungsi Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian khususnya pada bidang hubungan industrial dan kerja adalah menyelenggarakan urusan pekerjaan di di bidang ketenaga kerjaan dan perindustrian, salah satunya merumuskan dan melaksanakan kebijakan yang berhubungan dengan industrial. Sejalan dengan itu, sesuai dengan UU nomor 40 tahun 2004 tentang sistem jaminan nasional sebagaimana UU nomor 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan, pemberi kerja wajib untuk memberikan perlindungan kepada seluruh karyawannya, baik itu pemerintah maupun swasta.
“Dimulai tahun 2018 lalu adalah tahapan yang dilakukan untuk mengikut sertakan kepada seluruh PTT untuk jadi peserta BPJS ketenaga kerjaan, dan baru ada 5 SKPD yang di jadikan sampel karena di nilai memiliki resiko kerja yang tinggi yakni Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP), Sat Pol PP dan Damkar, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan dan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH),”kata Maria.
Ia menambahkan, tahun 2019 ada sebanyak 3.000 PTT yang tercaver dalam BPJS, dimana pola rekrut PTT adanya sharing informasi bersama Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM serta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), karena juga ada Mou antara BPJS Naker dengan BPKAD terkait premi. Sementara sekarang belum menyentuh aparatur desa karena terbentur regulasi. Untuk 3.000 PTT sendiri mencakup sampai kepada guru-guru namun masih minus untuk guru Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA), akan tetapi bertahap mengarah ke guru TPA.
“Semua sudah berporses, sudah di input untuk kartu peserta yang terbit sudah bisa di klaim,”papar Maria.
Menurtunya pula, pembayaran dengan adanya kesepakatan antara BPKAD Tala dan BPJS, karena ada standar premi berdasarkan upah yang di bayarkan Rp 1,7 juta di potong 0,54 persen (Rp 9.180), maka PTT sudah dapat dua manfaat jaminan ketenaga kerjaan dan kesehatan.
Ada manfaat lain ternyata dari kedua kartu jaminan ketenaga kerjaan, karena juga dapat di manfaatkan, yakni untuk menginap di hotel bisa dapat potongan dari 15 persen sampai 40 persen. Hal tersebut sudah adanya kerja sama dengan beberapa hotel di kota Banjarmasin. Manfaat lain juga dapat potongan harga untuk beberapa rumah makan di kota Banjarmasin dengan harga di atas Rp 150.000 pada rumah makan yang telah di tunjuk.
Untuk kemudahan dalam menggunakan kedua jaminan juga telah di siapkan aplikasi JKN di play store android untuk BPJS kesehatan dan aplikasi BPJS ketenaga kerjaan BPJSTKU.
Sejalan dengan pemberian pelayanan dua jaminan bagi PTT tersebut, dilakukan sosialisasi melalui Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Tuntung Pandang FM milik Pemkab Tanah Laut di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatikan (Diskominfo) Tala belum lama tadi.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook