PEMERINTAHAN

Puncak Hari Jadi Tala, Kerjasama Security Digital System Kamtibmas

INFOTANAHLAUT.COM- Puncak hari jadi Kabupaten Tanah Laut yang ke 52, Senin (4/12) di laksanakan di stadion Pertasi Kencana Pelaihari, dan di hadiri langsung oleh gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor. Mengingat pada hari yang sama pula di langsungkan di kota Tanjung Kabupaten Tabalong, gubernur pun harus menggunakan Helikopter menuju kota Pelaihari, karena selesai menghadiri acara di Tala gubernur segera bertolak ke Kabupaten Tabalong.  Heli berwarna kuning yang di tumpangi gubernur beserta isterinya itu pun mendarat dengan mulus di lapangan sepak bola Dalas Hangit milik Kodim 1009 Pelaihari.

Pada momentum hari jadi Tala terjadi kerjasama antara Pemkab Tala dengan Polres Tanah Laut yang di tandai dengan penadatanganan prasasti dan peresmian oleh bupati Tala Bambang Alamsyah dan Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan yakni kerjasama Security Digital System Kamtibmas.

Momentum puncak hari jadi Tala juga di gelar makan gratis bagi masyarakat. Segenap para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang telah mendapatkan payung ukuran besar dari bupati, mereka berbaris di sepanjang jalan A.Syairani (depan kantor bupati), dan dengan menyajikan beraneka ragam makanan. Aneka sajian makanan tesebut secra gratis di nikmati oleh siapa saja yang berada di kawasan arena puncak hari jadi dan dalam hitungan menit sajian PKL pun habis di lapak-lapak mereka.

Pemandangan di lapangan stadion Pertasi Kencana sendiri terlihat semarak pakaian Sasirangan, baik oleh PNS, guru-guru, hingga sampai pegawai atau staf di tingkat kecamatan. Sementara para pejabat daerahnya mengenakan pakaian adat Banjar warna abu-abu, namun bagi anggota DPRD Tala hanya mengenakan motif batik warga abu-abu. Segenap tokoh masyarakat, pelajar dan mahasiswa turut pula mengadiri puncak hari jadi tersebut.

Oleh ketua DPRD Tala Ahmad Yani membacakan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Tanah Laut.

Gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor dalam kesempatan itu mengingatkan kepada para pejabat untuk tidak korupsi, karena hal tersebut merusak tatanan kehidupan.

” kalau dulu perjuangan adalah melawan penjajah, namun sekarang musuh besar bangsa ini adalah kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan, dan yang sangat di tekankan  jangan sampai ada jabatan titipan,” kata Gubernur.

Gubernur juga memberikan ucapan selamat kepada Kabupaten Tanah Laut yang salah satunya menjadi kepercayaan pemerintah pusat sebagai salah satu daerah yang menjadi kawasan strategis nasional oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pada puncak hari jadi juga dilakukan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah antara Pemkab Tala dengan Kelompok Usaha Bersama Karya Usaha Bersama, tentang pemberian hibah daerah berupa perahu atau kapal penangkap ikan berukuran kurang dari 3 GT beserta mesin dan alat penangkap ikan serta alat bantu penangkap ikan yang bersumber dari DAK Kementerian Kelautan dan Perikanan yang di muat dalam APBD tahun 2017. Kemudian juga peresmian kantor Kecamatan Jorong, Rumah Perlindungan Sosial Penyandang masalah kesejahteraan sosial, peresmian pasar rakyat Desa Tanjung Kecamatan Bajuin, pasar rakyat Kecamatan Jorong, Taman Seni Baca Al Qur’an Pelaihari, Galery UMKM 3 Srikandi binaan PT. Pama Persada Nusantara Distrik Area Kintap.

Di serahkan pula sejumlah penghargaan dan bantuan. Penghargaan kepada Sumiyati selaku ketua KWT Sekar Melati Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari yang telah meraih juara II tingkat Nasional tahun 2017 Taman Cabai Mendukung Pemenuhan Pangan melalui pemanfaatan pekarangan berupa uang pembinaan sebesar Rp 17.500.000.

Kemudian juga penyearahan penyertaan modal kepada Perusda Bank Perkerditan Rakyat (BPR) Pelaihari sebesar Rp 2 milliar. Penyerahan hadiah pada lomba petani peternak sapi atau kambing dan kelompok tani unggas tahun 2017 tingkat Kabupaten Tanah Laut kepada Poktan Mojosari Makmur Kecamatan Takisung sebesar Rp 7 juta. Kepada Poktan Ruhui Rahayu Kecamatan Kurau sebesar Rp 5 juta, dan poktan Tani Setia Kawan Kecamatan Bumi Makmur sebesar Rp 3 juta.

Kemudian juga di serahkan 3 unit minibus roda 4 dari pengadaan sarana angkutan penumpang dan barang lintas pedesaan, guna kelancaran mobilisasi masyarakat dan distribusi barang dan jasa dari sentra produksi ke daerah pemasaran, dimana sumber dananya dari alokasi khusus bidang transportasi tahun 2016, dan bantuan di berikan kepada Kecamatan Panyipatan, Jorong dan Bati-Bati yang di terima masing-masing camatnya, dan terakhir pemberian penghargaan sebagai bonus bagi atlet cabang olahraga unggulan di Popda tahun 2017 kepada Ahmad Rizani cabang gulat sebesar Rp 50 juta, Tamara Pradifa cabang Tinju sebesar Rp 44 juta, Dwi Suci Ramadani cabang renang sebesar Rp 60 juta, dan Gilang Ramadhan sebagai atlet berprestasi pada spesial olimpiade  Indonesia 2017 se Kalsel sebesar Rp 103.500.000 juta.

Sebelumnya pada hari Sabtu (2/12) pekan kemarin di gelar Rapat Paripurna Istimewa di gedung DPRD Tanah Laut dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Tanah Laut.

Pada paripurna di hadiri Bupati Tanah Laut H. Bambang Alamsyah, wakil bupati Tanah Laut H. Sukamta, ketua DPRD Tanah Laut Ahmad Yani, Forkopimda Tanah Laut, ketua TP PKK Tanah Laut, ketua GOW Tanah Laut, Pimpinan SOPD Tanah Laut, serta masyarakat Tanah Laut.

Bupati Tanah  Laut menyampaikan perkembangan dan pembangunan yang terjadi di Kabupaten Tanah Laut dalam kurun waktu setahun kebelakang.

Bupati  juga memohon dukungan seluruh pihak agar mampu menyelesaikan jabatannya dengan baik. Tahun ini tema yang di pilih adalah ” Bagawi Manuntung,  Pembangunan Didukung,  Tanah Laut Bauntung” . Dengan semangat tema yang di angkat itu berharap di masa akhir jabatannya memimpin bersama H. Sukamta,  berbagai perencanaan dan kegiatan yang dilaksanakan dapat selesai sesuai dengan apa yang di harapkan. Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook