PUBLIK

Puting Beliung Ngamuk Di Bumi Makmur

INFOTANAHLAUT.COM- Karena cuaca yang mendung tebal pada Jum’at (6/4) sekitar pukul 16.00 wita kemarin yang bersamaan dengan tiupan angin puting beliung, telah merusak 15 buah rumah warga di Desa Handil Labuan Amas Kecamatan Bumi Makmur.
Data yang sementara di dapat lokasi rusaknya belasan rumah warga tersebut berada di Rt 2,4 dan 6, dan tingkat kerusakan mencapai 50 sampai 75 persen, karena rumah warga rata-rata dari kayu.
Pada malam hari itu juga dari Dinas Sosial langsung kelokasi terjadinya puting beliung untuk melakukan pendataan.
Salah seorang staf pada Dinas Sosial (Dinsos) Tala Marzuki mengatakan, kelokasi yang di datangi untuk mendata apa-apa yang di perlukan pasca kejadian tersebut.
“sejumlah barang yang di bawa yakni terpal sebanyak 10 buah, selimut 10 buah, dan mie instan 5 doz, entah nanti apa di perlukan atau tidak tenda pengungsian atau bahkan dapur umum,”katanya.
Camat Bumi Mamkmur Syahida Noor saat di konfirmasi mengatakan, Dinsos bersama aparat desa tengah melakukan survey, dan yang sangat di perlukan bagi korban seperti selimut dan terpal untuk perlindungan sementara bagi warga yang atap rumahnya rusak ringan.
Camat menambahkan, memang sebagian korban sementara mengungsi ke kerumah keluarganya, dan hingga sampai pukul 21.00 wita kondisi di lokasi masih di siram hujan. Kalau untuk mendirikan tenda pengungsian tidak memungkinkan, pasalnya di lokasi tidak ada tersedia tanah lapang karena rata-rata warga berladang sawah.
Kerusakan rumah yang parah atau di atas 50 persen ada 6 buah rumah, dan untuk kerusakan di bawah 60 persen sisanya dari 15 rumah yang terkena dampak angin puting beliung.
“datangnya hujan bersamaan dengan angin kencang yang bertiup, rumah yang mengalami rusak berat, yakni bagian atap rumah terangkat dan terbawa angin berikut dinding rumahnya terlepas, sementara yang rusak ringan hanya pada sebagian atap rumah yang hilang,”katanya.
Tidak ada korban jiwa dalam musibah angin puting beliung tersebut, namun warga mengalami kerugian jutaan rupiah.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook