PUBLIK

Puting Beliung Porandakan Rumah Warga

INFOTANAHLAUT.COM-Rabu (1/2) awan mendung yang hitam menyelimuti kota Pelaihari, beberapa saat kemudian hujan turun dengan di sertai tiupan yang kencang, mengakibatkan sejumlah rumah warga di Pelaihari kota porak-poranda.

Tiupan angin yang kencang itu merusak rumah warga, rata-rata yang rusak pada bagian Kanopi rumah warga.

Kanopi milik H. Iriansyah atau H.Ian, pada bagian konpi tokonya terbang bahkan merobohkan tiang listrik betook hingga patah, dan patahan tiang listrik beton menutupi jalan Pusara samping rumah H.Ian.

Tidak saja tiang listrik yang menutupi jalan Pusara, Kanopi milik H.Ian pun ikut serta menutupi jalan, berikut kabel-kabel listrik.

Kerusakan lainnya juga merobohkan kanopi garasi sebuah toko elentronik yakni toko Columbia yang berada di jalan A. Yani depan pemakaman muslimin Pelaihari. Kanopi untuk garasi karyawan dan konsumen tidak berbentuk lagi tergeletak di tanah, termasuk papan naman tokonya.

Tiupan angin puting beliung juga merusakan kanopi di rumah almarhum H.Budiansyah, yang mantan croses Tala, yang berada di kawasan mesjid Al Manar Pelaihari.

Kanopi untuk garasi alat beratnya bahkan harus terbang sampai ke jalan raya.

Sejumlah anak buah H.Budiansyah nampak tengah membersihkan potongan-potongan besi dan atap genteng metal yang berhamburan hingga sampai ke jalan.

Kerusakan lainnya yakni fotocopi Rahmat yang berada di samping kantor Polres Tala. Atap kanopi harus terbang dan menempel ke bagian atas toko, dan mengenai kabel-kabel listrik.

Sejumlah kerusakan lainnya yakni tumbangnya sebuah pohon yang menimpa rumah dinas wakil bupati Tala, namun akibat pohon yang menimpa rumah dinas ini tidak terlalu parah, dan oleh Dina PU pun segera melakukan pembersihan dengan menggunakan alat Skylift untuk memotong batang pohon yang menempel di bagian atap.

Ada puka teras rumah warga, yakni rumah Faisal yang berada dekat Tugu PKK Tala. Teras rumah runtuh dan dalam kondisi rusak.

Tidak jauh dari rumah Faisal, kantor DPD Partai Nasdem Tala juga tidak luput dari terjangan angin puting beliung. Pada bagian papan naman ukuran besar yang terpasang di kantor tersebut ikut roboh namun tidak terlalu parah.

Menurut Jauhari Alamsyah warga Pelaihari yang saat itu mencoba untuk mengevakuasi puing-puing banguan kanopi di rumah H.Iriansyah mengatakan, saat kejadian itu memang ia tidak berada di sekitar lokasi, maklum karena cuaca hujan dan berada di rumah, namun beberapa menit saat kejadian ia mendapat kabar, dan langsung menuju lokasi.

“dapat di pastikan tiupan angin begitu kencangnya, karena sampai mampu menerbangkan kerangka kanopi berikut atapnya, bahkan sampai mematahkan tiang listrik beton,”ungkapnya.

Beberapa orang termasuk Jauhari Alamsyah pun membersihkan puing-puing bangunan yang berserakan menutupi jalan.

Selang beberapa saat, saat hujan mulai reda, oleh pihak PLN Ranting Pelaihari pun nampak membenahi kabel-kabel listrtik yang porak-poranda, berikut dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) turun ke lokasi rusaknya bangunan.

Akibat kerusakan sejumlah rumah-rumah warga membawa dampak turunnya voltase listrik beberapa saat di wilayah Gagas sampai Angsau Kelurahan Pelaihari, pendek kata nyala lampu tidak terang dan kadang redup kadang terang.

Untungnya dari amukan angin puting beliung ini tidak menimbulkan korban jiwa, dan kerugian di taksir ratusan juta rupiah.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook