POLITIK

Ribuan Aparat Dikerahkan Amankan Pilkada

INFOTANAHLAUT.COM-Pelaksanaan Pilkada serentak,khususnya di Kabupaten Tanah Laut yang di gelar pada Rabu 27Juni 2018 mendapat pengawalan atau pengamanan dari jajaran Polres Tala yang juga mendapat back up dari Brimob Polda Kalsel. Tidak cukup di situ,tambahan personil dari Polres Banjar,Polres Tanah Bumbu,Polres Kotabaru dan Polresta Banjarmasin pun turut serta.
Tidak hanya kekuatan personil dalam jumlah yang mencapai ribuan orang,melengkapi pengamanan Pilkada juga di perkuat dengan 2 unit armada Awared Water Canyon dari Polda Kalsel dan 1 dari Polres Tala,1 unit mobil anti huru hara,2 ekor anjing pelacak (K-9) Brimob Polda Kalsel,dan 1 unit Barakuda Polda Kalsel.
Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan, Selasa (26/06/2018) usai apel pergeseran logistik pilkada dalam operasi Mantap Praja Tuntung Pandang di halaman stadion Pertasi Kencana Pelaihari mengatakan, semula untuk pengamanan mengerahkan 703 personil,namun mendapat tambahan,dan hampir seribuan anggota Polisi yang akan melaksankan pengamanan Pilkada di Kabupaten Tanah Laut yang telah di sebar.
“Sementara dalam pemetaan daerah-daerah yang di anggap rawan,sebenarnya hanya faktor geografis,artinya karena dalam masa memasuki musim hujan,maka pada daerah tertentu seperti Desa Salaman dan Desa Riam Adungan di Kecamatan Kintap,faktor kondisi jalannya,maka jika hujan turun memang di perlukan armada yang sudah di siapkan dobel gardan agar tidak stagnan saat distribusi logistik,”kata Kapolres.
Lebih lanjut Kapolres mengatakan, sesuai dengan instruksi dari Kapolri,bahwa Polisi yang di tugaskan di tiap TPS hanya fokus pada pengamanan dan tidak di perkenankan ikut mencatat perolehan suara,hal ini dillakukan sebagai bentuk untuk netralitas Polisi.
Pada apel pergeseran logistik Pilkada tersebut menggunakan armada truk sebanyak 12 unit,dan pelepasan juga di saksikan Sekda Tala Drs.Syahrian Nurdin besert unsur forkopimda.
Iring-iringan truk bermuatan logistik pilkada mendapat pengawalan dari armada roda dua Polisi guna menuju kecamatan masing-masing,berikut di ikuti dari Panwascam masing-masing kecamatan pula. Untuk Desa Salaman dan Desa Riam Adungan di Kecamatan Kintap di lepas lebih dahulu mengingat lokasinya paling jauh dan di khawatirkan jika hujan turun maka akan sedikit terlambat.
Sementara itu di tempat yang sama,Sekda Tala Drs.Syahrian Nurdin mengatakan, berharap pada pelaksanaan Pilkada ini berjalan aman dan lancar.
“Pilihan boleh beda,tapi tetap jaga persatuan,dan jangan sampai golput, karena suara pemilih memiliki nilai penting untuk kemajuan daerah,”kata Sekda.
Anggota Polisi yang mendapat tugas melakukan pengamanan di TPS juga di bekali buku saku tentang Pilkada. Dalam buku saku di paparkan tentang langkah-langkah yang segera bisa di ambil jika terjadi gangguan di TPS. Selain itu juga di bekali obat-obatan serta vitamin untuk menjaga stamina kesehatan mereka selama bertugas,termasuk mendapatkan uang makan yang nilainya berbeda.
“ya benar,anggota yang ngepam di TPS mendapatkan hal tersebut,dan untuk uang makan besarnya memang bervariasi tergantung jarak,semakin jarak jauh maka semakin besar. Rata-rata untuk ukuran di wilayah Pelaihari kota sebesar Rp 250.000 per orang,”kata Fauzan.
Fauzan menambahkan,dari Polres juga menyiapkan 2 unit armada truk box yang dapat di gunakan jika ada kendala armada yang membawa logistik mengalami gangguan saat dalam perjalanan.
Sementara itu distribusi logistik di wilayah Kecamatan Jorong,khususnya di Desa Karang Rejo harus menggunakan kendaraan trail,mengingat pada daerah tersebut masih ada terdapat genangan air.Kendati demikian anggota Polisi yang mengantarkan kotak logistik dapat berjalan lancar sampai ke TPS.Tung

5
83%
like
1
16%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook