PUBLIK

Rp 1 Milyar Untuk Sungai Kandangan

INFOTANAHLAUT.COM-Sejak amblasnya badan sungai Kandangan yang berada di Jalan Datu Daim Kelurahan Karang Taruna akibat gerusan air sungai yang meluap pada saat musim penghujan di tahun 2018 lalu, Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Tala telah menyediakan anggaran sebesar Rp 1 milyar rupiah untuk penataan kembali badan sungai yang amblas tersebut.
Penyebab amblasnya badan sungai tersebut tidak semata hanya karena meningkatkatnya debit air sungai, namun pada badan sungai tersebut di tumbuhi pohon berukuran sedang, sehingga akar pohon yang merembet di badan sungai membuat tanah pun jadi labil akibat gerakan pohon saat tertiup angin. Dengan kondisi tanah yang labil, di tambah debit air sungai yang meningkat, maka dengan mudahnya tanah pun amblas.
Kepala bidang SDA Gusti Dwi Erzandi Kasuma,ST atau biasa di sapa Erzandi pada DPUPRP Tala, Kamis (25/4/2019) mengatakan, terhadap kondisi sungai sudah dilakukan observasi dan inshaa allah pada tahun ini juga di perbaiki.
“Prosesnya di bongkar dan di rapikan kembali, dan pohon-pohon di sekitar badan sungai di bersihkan. Tidak semata merapikan badan sungai yang amblas, pekerjaan nanti juga sekaligus di bangun siring sepanjang kurang lebih 35 meter,”jelasnya.
Angggaran sebesar Rp 1 milyar tersebut masuk dalam program perbaikan siring, tutup Ersan.
Warga setempat sendiri berharap perbaikan badan sungai yang amblas bisa secepatnya agar tidak melebar hingga sampai ke jalan umum.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook