KESEHATAN

RSIA Diusulkan Jadi Rumah Sakit Umum

INFOTANAHLAUT.COM- Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Medika Citra Borneo yang terletak di persimpangan jalan A Yani (Tugu Angsau) Kelurahan Angsau, belakangan menjadi sorotan warga Pelaihari, karena rumah sakit tersebut ternyata juga melayani pasien umum. Sementara seyogianya RSIA di peruntukan bagi ibu hamil dan pasien anak-anak.
Kepala dinas kesehatan Tala H. Junaidi, Rabu (14/2) menjelaskan, memang pihak RSIA di sarankan untuk mengajukan permohonan merubah status menjadi rumah sakit umum.
Di jelaskan Junaidi, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI nomor 56 tahun 2014 pasal 60 pada ayat 1 yang bunyinya “Rumah Sakit Khusus hanya dapat menyelenggarakan pelayanan kesehatan sesuai bidang kekhususannya dan bidang lain yang menunjang kekhususan tersebut”. Dan pada ayat 2 penyelenggaraan pelayanan kesehatan di luar bidang kekhususannya hanya dapat dilakukan pada pelayanan gawat darurat.
“mengingat Permenkes RI nomor 340 tahun 2010 pada lampiran 2 tentang rumah sakit khusus ibu dan anak, bahwa dokter spesialis bedah umum dan penyakit dalam boleh memberikan pelayanan terbatas pada RSIA tersebut.
Sementara saat di singgung RSIA bisa memberikan pelayanan umum sebatas 30 persen, menurut Junaidi dalam bahasa peraturan tidak ada yang menyatakan seperti itu.
Dinas Kesehatan Tala sendiri telah mendorong RSIA agar menjadi rumah sakit umum, apalagi ada ruang UGD yang membutuhkan pelayanan maka tidak boleh di tolak baik menyangkut pelayanan apa saja.
“untuk sementara ini lewat surat kami sudah pernah mengingatkan agar RSIA tersebut lebih utama memberikan pelayanan sesuai dengan ke khususanya,”kata Junaidi pula.
RSIA memang sudah mengajukan untuk menjadi rumah sakit umum tipe C, tapi masih ada persyaratan yang belum lengkap yakni penambahan ruang ICU dan jumlah bed (tempat tidur). Tempat tidur yang di syaratkan yakni sebanyak 25 sampai 50 buah untuk tipe C rumah sakit swasta.
Menurut Junaidi, jika nanti ijin perijinan di keluarkan oleh Badan Perijinan terbit, maka Dinas Kesehatan memberikan rekomendasi. Kalau seumpama manajemen RSIA mengajukan berubah status ke tipe B maka ijinnya dari Pemerintah Provinsi, akan tetapi jika mengajukan ke tipe A maka ijinnya dari Pemerintah Pusat, dan soal pergantian nama ketika kelak ijin menjadi rumah sakit umum hal tersebut tergantung dari manejemennya.
Sementara itu owner RSIA Medika Citra Borneo Eko Susilawati di konfirmasi mengatakan, memang dalam waktu deat tadi sudah mengajukan permohoan untuk merubah status ke rumah sakit umum, hal ini melihat sebagai pelayanan publik kesehatan sudah barang tentu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sangat di butuhkan dan masyarakat membutuhkan kepuasan dan kenyamanan dalam hal pelayanan kesehatan.
“motivasi merubah status kerumah sakit umum adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan semaksimal mungkin kepada masyarakat di Kabupaten Tanah Laut, dan komitmen untuk bersinergi dengan rumah sakit Pemkab Tanah Laut dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, dan jika kelak ijin status berubah ke rumah sakit umum, namanya tetap saja seperti sedia kala, hanya saja naman RSIA nya yang hilang,” jelasnya.
Keberadaan RSIA selama ini memang menjadi harapan warga, karena terkadang di rumah sakit umum H.Boejasin Pelaihari penuh kamar rawat inap, sehingga lari ke RSIA.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook