KESEHATAN

RSU Tipe B Masuki Tahap Pengecoroan Terakhir

INFOTANAHLAUT.COM- Pembangunan rumas sakit tipe B yang sedang dilakukan, kini telah memasuki tahapan Topping off Ceremony atau penyelesaian struktur pembangunan Rumah Sakit Hadji Boedjasin Sarang Halang Pelaihari, Senin (29/1) oleh bupati Tala H.Bambang Alamsyah dan forkopimda Tanah Laut.
Dari sejarahnya, terang Dirut RSU H Boejasin Pelaihari Dr.Edy Wahyudi mengatakan, sebelumnya sudah dilakukan studi kelayakan yang waktu itu pembangunan di rencanakan akan di bangun di gunung dan pada tahun 2013 era jaman bupati Tala Drs.H.Adriansyah mencoba melakukan studi kelayakan di 4 titik yaitu di Sarang Halang, jalan arah menuju Takisung, gunung Kayangan, dan Desa Kunyit, dan yang memenuhi kelayakan yaitu Sarang Halang.
Ada beberapa alasan mengapa Sarang Halang di pilih, karena memang lahannya cukup luas.
Rumah sakit yang ada sekarang hanya luasnya kurang lebih dua hektar dengan jumlah tempat tidur sebanyak 173 buah tidur, dan sudah tidak layak dan tidak memungkinkan untuk pelayanan kesehatan. Dari 173 tempat tidur tersebut merupakan tambahan dari 132 tempat tidur sebelumnya, dan dengan di coba-coba tetap saja tidak memingkinkan untuk pengembangan rumas sakit yang ada.
“kegiatan Topping off ceremony bukanlah peresmian rumah sakit, tapi adalah pengecoran terakhir struktur bangunan RSHB,” ucap Edy.
Di jelaskan pula, dii rumah sakit ada sekarang pelayana stroke center dengan 2orang dokter syaraf, pelayanan mata, dan yang sedang dalam proses perijinannya adalah pelayanan cuci darah, kini proses ijinnya sampai harus ke rumah sakit Dr.Soetomo Surabaya.
Pengerjaan rumah sakit tipe B dari bulan Oktober 2017 lalu atau sudah selama 730 hari, maka masih ada tersisa 251 hari lagi pengerjaan bisa selesai. Pengerjaan arsitektur sudah mencapai 78 persen, medis dan operasi 65 persen, sehingga total mencapai 80 persen.
Memasuki bulan Agustus 2018 di rencanakan sudah mulai menginstal alat-alat kesehatan. Secara SDM rumah sakit tipe B ini sudah memenuhi syarat, karena kini diatas 195 orang terdiri dari tenaga PTT, perawat dan bidan.
sementara itu bupati Tala H.Bambang Alamsyah berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan rumah akit ini. Kesehatan adalah hal yang sangat di butuhkan oleh masyarakat, keseriusan Pemkab Tala dalam hal kesehatan yakni terus mengirimkan tenaga dokter untuk sekolah. Terlebih Tanah Laut akan menjadi kabupaten yang maju tidak hanya di Kalimantan Selatan, namun juga menjadi salah satu kabupaten yang maju di Indonesia.
Dalam kesempatan ini juga turut diserahkan polis asuransi tanggung gugat profesi dokter yang diterimakan secara simbolis oleh dr. Rizki Aprial, spesialis radiologi.
Kegiatan turut di hadiri Sekretaris Daerah Tala Drs.H.Syahrian Nurdin M.Si, kepala Kantor Kementrian Agama Tala Rusbandi, para kepala SKPD, kepala Kejaksaan Negeri Tanah Laut Sri Tatmala Wahanani, para dokter, perawat dan insan kesehatan.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook