SOSIAL

RUANG INSPIRASI BERSAMA RELAWAN REMAJA TANAH LAUT (R2TL)

INFOTANAHLAUT.COM-Dibentuk 15 September 2018, berawal dari perkumpulan remaja yang menggalang dana dibeberapa titik jalan Pelaihari untuk salah satu masyarakat yang sakit keras. Kemudian berkembang menjadi organisasi tetap yaitu Relawan Remaja Tanah Laut.

Untuk keanggotaan dibuka untuk umum, terdiri dari remaja maupun dewasa, yang penting berniat baik, tulus, dan ikhlas untuk terlibat aktif sebagai relawan.

R2TL baru saja resmi berbadan hukum sebagai yayasan, bernama Yayasan R2TL pada tanggal 4 September 2019.

Target sosial dari R2TL fokus kepada masyarakat ekonomi lemah yang memiliki masalah dengan kesehatannya, dari yang sakit ringan, sampai berat hingga di rujuk ke RS.

Kondisi masyarakat yang dilayani selain ekonomi lemah, ada juga yang secara administrasi mengalami kesulitan misalnya tidak terdaftar di dinas sosial dan ada yang tidak punya BPJS.

Khusus yang tidak punya BPJS akan di urus langsung oleh para relawan R2TL, dibuatkan BPJS Mandiri, dengan pembayaran premi di tanggung penuh oleh Yayasan R2TL.

Ervina selaku Bendahara R2TL mengungkapkan, selain bertujuan untuk menolong masyarakat yang memerlukan bantuan emergency, organisasi ini bertujuan untuk lebih menghidupkan lagi semangat dalam membantu sesama sejak usia muda.

Sahbi selaku Humas RRTL mengungkapkan program R2TL for Rescue baru diresmikan. Program tersebut bergerak untuk gerak cepat menolong warga yang terkena musibah. Sahbi menambahkan, sumber informasi diterima dari masyarakat yang menyampaikan aduan terkait masalah yang dialami, atau ada tetangga yang mengalami kesulitan.

Jenis-jenis musibah yang dibantu oleh R2TL sampai sekarang ada beberapa macam, diantaranya musibah kecelakaan, jantung bocor, cuci darah.

R2TL dalam pergerakannya juga di dukung oleh armada ambulance yang bisa digunakan secara gratis.

Untuk masyarakat yang ingin menghubungi sekretariat R2TL secaara langsung bisa berkunjung ke alamat Desa Bumijaya RT. 2 Dusun 2 Jl. Singosari, rumah Rajibah Alawi Alam (Ketua R2TL)

Harapan R2TL kedepan semoga ada donatur tetap tanpa harus turun ke jalan.
Selama ini R2TL turun ke jalan menggalang dana setiap minggu yaitu Jum’at dan Sabtu, karena dana tersebut sangat dibutuhkan oleh pasien-pasien yang ditangani.
Harapan kepada pemerintah juga semoga mau dan selalu mendukung R2TL dan organisasi-organisasi sosial sejenisnya.

Turut berhadir dalam Suara Inspirasi Tuntung Pandang FM pihak R2TL, Rajibah selaku Ketua, Ervina selaku Bendahara, Keni selaku sekretaris, dan Sahbi selaku Humas.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook