PEMERINTAHAN

Rumah Eks Ketua DPRD Jadi Rumah “Masalah Sosial”

INFOTANAHLAUT.COM-Menyangkut masalah sosial di masyarakat atau penyandang masalah kesejehteraan sosial, maka kini telah hadir sebuah rumah yang di peruntukan bagi masalah-masalah sosial yang di beri nama “Rumah Perlindungan Sosial”.

Rabu (6/12) kemarin keberadaan rumah perlindungan sosial tersebut di resmikan oleh bupati Tala Bambang Alamsyah.

Keberadaan rumah tersebut adalah eks rumah ketua DPRD yang berada di jalan Hutan Kota Pelaihari, baik di era Bambang Alamsyah saat menjabat ketua DPRD maupun Ahmad Yani. Lantaran tidak di gunakan lagi, maka melalui sebuah proses di birokrasi Pemkab Tanah Laut, oleh Dinas Sosial Tala di gunakan sebagai rumah sosial.

Kepala Dinas Sosial Tala Ir.Wiyanto mengatakan, rumah ini untuk menangani atau menampung masyarakat Tala secara khusus yang pada saat tertentu mengalami tindak kekerasan, keterlantaran dan lainnya yang menyangkut masalah sosial, untuk selanjutnya di cari solusi apakah perlu ke dokter atau spikiater atau tenaga spiritual lainnya.

“selanjutnya di tindak lanjuti apakah pengiriman ke rumah sakit atau panti sosial di provinsi, dan rumah ini sifatnya hanya sementara, dan keberadaan rumah ini juga di lengkapi moubeler layaknya rumah tangga biasa, dan untuk di Tanah Laut sendiri angka orang yang mengalami gangguan sosial tidak terlalu tinggi, namun setidaknya sudah ada di siapkan sarana lewat rumah perlindungan sosial ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Wiyanto menambahkan, adanya anggaran sebesar Rp 1 milliar lebih, maka dana itu akan di gunakan semacam gedung serba guna yang nantinya juga ada sekretariat bersama seperti Program Keluarga Harapan (PKH), relawan Dinsos, atau mungkin Baz Nas Tala atau dengan konsep Ruko, dimana bagian bawah adalah gudangnya dan bagian atas untuk kesekretariatan.

Sebelum bupati Tala membuka tirai kain pada papan nama rumah sosial mengatakan, selama hampir 3 tahun pernah mendiami rumah tersebut saat menjabat ketua DPRD, banyak kenangan di rumah ini, baik dengan anak-anak, istri maupun orang tua.

“rumah ini kelak menjadi harapan sebagai rumah untuk pemulihan mental, barangkali yang namanya trauma bagi siapa saja yang mengalami butuh waktu lama untuk bisa hilang, bahkan mungkin terbawa sampai tua,” kata Bambang.

Bambang berharap, tidak semata hanya kebutuhan jasmani yang ada di rumah ini, namun kebutuhan akan mental juga di siapkan, karena membangun mental manusia juga butuh waktu, ketelitian dan kesabaran. Kepada Badan Amil Zakat (Baz) Tanah Laut maupun pengusaha agar sering-sering berkunjung ke rumah ini untuk berdiskusi dalam rangka penciptaan mental bagi manusia yang bermasalah dengan kondisi sosialnya saat di tampung di rumah sosial ini.

Peresmian rumah perlindungan sosial selanjutnya juga di tandai dengan pemotongan pita oleh ketua TP PKK Tala Arry Suryandini Bambang Alamsyah.

Bupati beserta ketua DPRD Tala Ahmda Yani, kepala Dinas Sosial Ir.Wiyanto, kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lutfiaty Uyun, dan segenap relawan Dinas Sosial melakukan peninjauan ke dalam rumah.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook