SOSIAL

Rumah Nini Galuh Capai 90 Persen

INFOTANAHLAUT.COM-Semenjak kurang lebih 2 pekan pasca di bedahnya rumah nini Galuh Ambun yang usianya di perkirakan 100 tahun di jalan Gerantung Rt 3 Rw 02 Desa Ketapang Kecamatan Bajuin,kini sudah mencapai 90 persen pembangunan rumah barunya.
Bedah rumah nini Galuh ini merupakan program dari Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tanah Laut (Baznas) ini merangkul kaum muda yang tergabung dalam relawan Respon Cepat (RC 113) Tanah Laut,serta di bantu masyarakat sekitar.
Rumah nini Galuh memang sebelumnya sangat tidak layak untuk di huni. Kebocoran pada saat hujan turun hampir terdapat di setiap ruangan rumah yang hanya berukuran 4 x 6 meter pesergi. Beratapkan daun rumbia yang sudah kering dan di lapisi terpal,begitu pula sebagian dinding rumahnya,maka kini nini Galuh bakal aman,nyaman dan dapat tidur pulas walaupun hujan turun.
Nini Galuh sendiri konon semasa hidupunya pernah merasakan era penjajahan Belanda di daerah Kecamatan Bajuin,karena memang di Kecamatan Bajuin terdapat sejumlah peninggalan bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda salah satunya sebuah Banker di gunung Bajuin.
Koordinator RC 113 Tala Edwin Sihol,Minggu (29/07/2018) mengatakan, proses pengerjaan bedah rumah dapat berjalan dengan lancar,segenap kekuatan personil RC 113 di kerahkan dan alhamdulillah bersama warga sekitar saling bahu membahu membangun,disamping cuaca panas yang sangat mendukung penyelesaian pengerjaan rumah dengan ukuran semula.
Menurutnya pula,memang personil di dalam relawan ini rata-rata kaum muda walau ada pula sebagian yang tua,disamping itu personil di relawan RC 113 ini multi profesi,salah satunya ada yang sebagai anggota barisan pemadam,sehingga manakala mereka tidak piket maka mereka mengerjakan pembangunan rumah nini Galuh.
Proses bedah rumah dapat di selesaikan dalam kurun waktu tidak begitu lama. Dinding rumah yang menggunakan kalsiboard,atap pakai seng,berikut di buatkan toliet bagi nini Galuh di harapkan menjadi sebuah hunian yang sehat dan layak.
“Sambil dilakukan finishingnya,di rencanakan penyerahan kunci rumah nini Galuh akan di serahkan oleh Sekretaris Daerah dan ketua Baznaz Tala,”kata Edwin.
Mengedepankan motto “Kalau Bukan Kita Siapa Lagi,Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi”,maka bagi RC 113 tidak akan putus dalam hal melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan apapun bentuknya,baik membantu pihak kepolisian utamanya bagian Satuan Lalu Lintas Polres Tala dalam hal pengamanan TKP lakalantas, memberikan tindakan awal medis kepada korban laka lantas sebelum menuju rumah sakit,dan hal-hal lainya.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook