PUBLIK

Sabhara Siapkan Alat Untuk Karhutla

INFOTANAHLAUT.COM-Ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di prediksi akan terjadi pada bulan Februari dan Maret mendatang, namun bagi Satuan Sabhara Polres Tala jauh-jauh hari sudah mempersiapkan peralatan pemadaman api, khususnya untuk pemadaman kebakahan hutan dan lahan, dan bukan kebakaran sebuah pemukiman.

Kesiapan untuk mempersiapkan peralatan pemadaman api yang membakar hutan maupun lahan seperti alat yang di sebut Gopyok.

Gopyok merupakan alat pemadaman api yang terbuat dari karet tebal di bagian ujung kayu galam, dan penggunaannya dengan cara di pukul-pukulkan.

Kasat Sabhara Polres Tala Akp Riswiandi, Selasa (24/1) mengatakan, untuk persiapan menghadapi kebakaran hutan dan lahan akan di bentuk Satgas Karhutla.

“beberapa peralatan sudah di persiapkan yakni memodifikasi motor trail patroli sebanyak 5 unit, dengan menambahkan sebuah tempat untuk meletakan tanki air isi 35 liter di bagian kanan dan kiri belakang, dan selanjutnya di koneksikan dengan alat penyemprot yang kerap di gunakan petani untuk menyemprot tanaman,”terangnya.

Ia menambahkan, untuk alat Gepyok yang baru di tahun ini ada perubahan, dimana sebelumnya menggunakan kawat pada bagian pemukul api itu mudah rusak, maka di ganti dengan karet tebal yang tebalnya 1 cm dan dengan berat yang cukup, sehingga ada beban berat dan mudah memadamkan api. Karena Polsek-Polsek nampaknya ingin juga punya Gopyok, maka jumlahnya akan di tambah.

Peralatan lain yang di siapkan yakni mobil dobel cabin yang di bagian belakangnya di pasang tanki air isi 100 sampai 200 liter, dan di lengkapi alat penyemprot.

Ada pula mobil water canyon yang di siapkan jika sewaktu-waktu di butuhkan untuk pemadaman api, namun lokasi pemadaman api yang menggunakan water canyon hanya pada lokasi yang mudah di jangkau, serta tidak sampai masuk ke dalam hutan.

“armada water canyon juga dapat di gunakan untuk distribusi air bersih jika sewaktu-waktu ada sebuah wilayah yang krisis air bersih,”sambungnya.baz

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook