KESEHATAN

Sadar Akan Kesehatan, Sapu Kampung Ramai-Ramai

INFOTANAHLAUT.COM- Kaum ibu-ibu di Desa Bumi Jaya Rt 1b Kecamatan Pelaihari, setiap hari Minggu sore punya kesibukan tersendiri, yakni secara baramaia-ramai melakukan aksi bersih-bersih kampung dengan cara menyapu menggunakan sapu lidi.
Kegiatan ini sudah berlangsung selama tahun, dan para kaum ibu ini bertujuan agar kondisi kampung mereka terlihat bersih dan sehat.
Kegiatan rutin ini sendiri di motori oleh istri kepala Desa Bumi Jaya Tuti Sri Wahyuni yang merangkul kaum ibu-ibu lainnya untuk ambil sapu lidi dan menyapunya dari jalan desa ataupun di sekitar saluran got.
Ide ini muncul, karena pernah ada warga dari Rt 1 terkena demam berdarah, atas dasar itulah bagi kaum ibu ini muncul kesadaran untuk melakukan aksi bersih-bersih kampung mereka, dan kini kegiatan tersebut rutin dilakukan pada setiap hari Minggu sore, dan biasanya mereka secara serempak melakukan aksi sapu-sapu sekitar pukul 17.00 wita.
Kondisi di bahu jalan desa, bahkan sampai di bawah pohon rindang yang berserakan daun-daun yang kering, sudah pasti di libas sapu-sapu lidi kaum ibu ini.
Tuti Mimggu (23/7) lalu saat sedang menyapu dengan beberapa kaum ibu lainya mengatakan, kegiatan ini sudah dilakukan dari tahun kemarin, dan tiap hari Minggu di galakkan untuk menyapu pemukiman di Rt, dan mudahan bisa tetap terus berjalan.
“sudah mencapi 80 persen dari aksi kebersihan ini dilakukan, dan idenya muncul karena di tahun 2014 ada warga di sini yang menderita demam berdarah, jadi dengan itulah dilakukan pembersihan di tempat-tempat yang biasa menjadi sarang atau jentik nyamuk, dan aksi bersih-bersih juga dilakukan pada pemukiman Rt lainnya, tergantung ibu Rt nya,” katanya.
Apa yang dilakukan oleh kaum ibu dengan lebih peduli pada kondisi tempat tinggal agar tetap terlihat bersih dan sehat patutlah untuk di dukung. Sebab masalah kesehatan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun peran serta langsung dari masyarakat juga sangat di butuhkan.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook