PEMKAB TALA

SAKIP Sebagai Rambu Akuntabilitas SKPD

INFOTANAHLAUT.COM-Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAkIP) patut di pahami SKPD, guna meningkatkan kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN), Senin (10/09/208) di gedung Balairung Tuntung Pandang.
Kabag Organisai Setda Tala Drs.H.Tajuddin Noor Effendi di sela-sela kegiatan mengatakan, tujuannya untuk meningkatkan kemampuan para SKPD dalam membuat Sakip yang baik, untuk itu sebelumnya dilakukan pembelajaran ke Kabupaten Malang Jawa Timur yang dinilai lebih baik dari Kabupaten Tanah Laut. Kemudin agar dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Strategi (Renstra) SKPD sudah baik atau antara RPJMD dan Renstra SKPD sudah selaras.
Pelaksanaan tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden RI nomor 29 tahun 2014 tentang Sakip dan Permenpan RB nomor 12 tahun 2015 tentang pedoman evaluasi Sakip.
Tajuddin menambahkan, ekpose Sakip merupakan Sakip di tahun 2017 dalam perubahan kelembagaan sesuai dengan PP tahun 2016 tentang pedoman pembentukan perangkat daerah dan Perda nomor 6 tahun 2016 tentang perangkat daerah, dan sesuai PP nomor 18 ada 40 SKPD terbentuk.
Ia menambahkan, pelaksanaan masih jauh harapan Evaluator, baik karena adanya perubahan kelembagaan maupun kesesuaian, tentu dengan adanya kegiatan tersebut dapat lebih optimal.
“Tujuan Sakip guna meningkatnya pemahaman SKPD terhadap Sakip, maka kinerja pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) akan lebih baik dan terukur,sebab tahun 2019 mendatang Kabupaten Tanah Laut akan melaksanakan tunjangan kinerja,”jelas Tadjuddin.
Sementara itu, Penjabat Bupati Tala Siswansyah sebelum membuka kegiatan sangat bersyukur dengan pelaksanaan Sakip karena dengan kegiatan akan mengetahui perkembangan kinerja para SKPD. Dan ini sangat membantu dalam peningkatan kinerja daerah bagi pelayanan kepada masyarakat.
Siswansyah berharap, ada terjadi peningkatan kinerja yang lebih baik, maka akan juga berdampak pada kinerja SKPD di tingkat Provinsi Kalsel.
Sementara dalam penyampaian materi Sakip kepada SKPD bertindak sebagai pemateri yakni kepala Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan Sulkan,SH,MM.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook