KECELAKAAN

Saling Kerjasama Curi Panel Kontrol Alat Berat

INFOTANAHLAUT.COM- Untuk berhasil mencuri panel kontrol alat berat, maka di butuhkan paling tidak sebanyak 6 orang, namun akhirnya aksi mereka dapat di lumpuhkan alias di tangkap oleh jajaran Polsek Jorong yang di back reskrim Polres Tala.
Aksi kawanan spesialis panel kontrol alat berat ini dalam aksinya tidak memandang bulu, jika ada alat berat baik milik penambang maupun perusahaan perkebuan di wilayah Kabupaten Tanah Laut selalu menjadi incaran mereka.
Panel kontrol alat berat di ketahui adalah otaknya untuk penggerak atau bisa beroperasinya sebuah alat berat tergantung panel kontrol ini, di samping itu harga panel kontrol alat berat bervariasi, bisa mencapai puluhan juta hingga sampai ratusan juta rupiah, tergantung dari jenis merek alat berat itu sendiri. Sementara jika panel kontrol harga bekas bisa mencapai harga Rp 40 sampai Rp 50 juta per unitnya.
Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan, Selasa (1/8) kepada awak media mengatakan, aksi kawanan pencuri panel kontrol ini berada di PT. Dharma Henwa di Kecamatan Jorong yang dilakukan sebanyak 6 orang pelaku.
“masing-masing pelaku punya peran, seperti pelaku MF alias Kancil berperan sebagai eksekutor yang di bantu 3 kawannya yang mengawasi keadaan sekitar, dan 1 orang mengantar kepada penadah. Selanjutnya pelaku lain bertugas melakukan pengawasan di sekitar, dan kejadian itu terjadi setelah lebaran Idul Fitri tadi,” beber Kapolres.
Ia menambahkan,Polisi terus mengembangkan ada atau tidaknya jaringan pemasaran panel kontrol alat berat ini, bahkan di kembangkan sampai ke Kabupaten Tabalong karena salah seorang pelaku warga dari sana, dan kini masih ada 1 tersangka lagi yang masih dalam pengejaran. Modusnya sementara hanya mengambil tanpa ada yang pesan.
Aksi pencurian panel kontrol alat berat di wilayah hukum Polres Tala di tahun 2017 ini baru yang pertama kali ini terjadi.
Di Polsek Kintap sendiri juga ada laporan kehilangan panel kontrol alat berat, untuk itu di sinkronkan kembali apakah ada kaitanya dengan jaringan pencurian yang telah di amankannya 6 orang pelaku di Polres Tala, termasuk saling koordinasi dengan Polres-Polres lain di Kalsel apakah ada laporan pencurian panel kontrol alat berat.
“efektifkan kembali sistem pengamanan peralatan di perusahaan-perusahaan dengan menggiatkan penambahan pengamanan dari bagian security perusahaan, agar kondisi peralatan atau aset perusahaan aman dari aksi pencurian,” himbau Kapolres.
Keenam pelaku yang terlibat pencurian kontrol panel alat berat itu yakni MF (26) warga Tanjung Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong, BM (27), DR (25), KS (37 warga Asam-Asam Rt 10 Kecamatan Jorong, HD (41) warga Simpang 4 Sungai Baru Rt 7/2 Kecamatan Jorong, dan TH (31) warga Komplek Perum Cahaya Banua nomor C 84 jalan Banyu Irang Kecamatan Bati-Bati. Mereka di ancam pasal363 KUHP dengan ancaman penjara 7 tahun dan 480 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara. Berikut barang bukti berupa 1 panel kontrol PC 300-8 PC 400-8 untuk jenis alat berat Komatsu warna hitam, tang, dasbor pelindung kontrol panel, serta kunci mur ukuran 12.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
1
100%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook