PEMERINTAHAN

Saling Sinergi Manfaatkan Mobil Pustling

INFOTANAHLAUT.COM- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel terus melakukan kegiatan perpustakan keliling (Pusltling) ke daerah-daerah di wilayah kabupaten/kota di Kalsel. Kepala Dispersip Provinsi Kasel Hj. Dra.Hj.Nurliani Dardi,Map, belum lama tadi mengatakan, sebenarnya kegiatan gemar membaca di kalangan siswa SD atau sederajat cuma membackup keberadaan Perpustakaan Kabupaten/kota.
“Berharap agar perpustakaan di masing-masing Kabupaten/Kota senantiasa aktif menurunkan mobil pustlingnya ke sekolah-sekolah di wilayahnya, mengingat semua perpustakaan di Kabupaten/kota juga sudah dapat bantuan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas), bahkan banyak perpustakaan kabupaten/kota yang sudah punya 2 buah mobil Pustling bantuan perpusnas, sama jumlah Pustling dengan Disperip Provinsi Kalsel,” katanya.
Lebih lanjut wanita yang kerap di sapa bunda Nunung ini mengatakan, seperti halnya mobil Pustling Dispersip Provinsi Kalsel dalam setiap hari jalan ke pelosok-pelosok desa di wilayah kabupaten mana saja, yang ada sekolah setiap hari untuk melayani sekolah-sekolah terutama yang jauh dari pusat kota. Hal ini sengaja di pilih lokasi layanan Pustling yang jauh dari jalan raya dan ibukota Kabupaten.
Di penghujung bulan Juli lali sejumlah yang di berikan pelayanan Pustling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi Kalsel yakni MIN 20 Banjar Desa Tambak Sirang Darat, MIS Istiqamah Desa Guntung Papuyu, MIS Hidayatul Jannah Desa Makmur, MIS Tasrikul Insan Desa Sungai, PAUD Anggerik Desa Tambak Sirang Darat, PAUD Melati Desa Tambak Sirang Darat, dan PAUD Cehaya Mentari Desa Makmur.
Sementara itu, kepala Perpustakaan dan Kearsipan KabupatennTanah Laut Hairul Rijal dalam hal pelayanan Pustling di wilayah Kabupaten Tanah Laut, Selasa (1/8) kepada infotanahlaut.com mengatakan, untuk pelayanan perpustakaan keliling di 11 kecamatan telah dilakukan, dan 1 kecamatan ada 2 sampai 3 sekolah SD, SMP dan SMA yang di berikan pelayanan Pustling, dan waktunya dalam 1 bulan 1 kali kunjungan.
“yang baru-baru ini dilakukan yakni bagi sekolah MAN Insan Cendikia yang meminjam buku ratusan judul, termasuk program lain untuk mencintai buku yakni adanya perpustakaan desa serta dari unsur Sarjana Penggerak Pembangunan Perdesaan (SP3), selama 1 bulan buku beredar dan selanjutnya di ganti dengan buku baru,” terangnya.
Melalui program Manunggal Tuntung Pandang (MTP), armada Pustling pun selalu stand by di kegiatan itu.
Perpustakaan Kabupaten Tanah Laut juga punya acara lain yakni menyampaikan dongeng dari pustakawan di internal Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta menampilkan badut bagi siswa tingkat Taman Kanak-Kanak yang datang ke perpustakaan.
Program lainnya yang sudah jalan yakni kerjasama dengan Coca-Cola Foundation yakni Perpustakaan Seru yang telah membantu 3 unit komputer untuk perpustakaan desa, yakni Desa Bumi Harapan di Kecamatan Bumi Makmur, Desa Batu Mulia di Kecamatan Panyipatan, dan Desa Liang Anggang Kecamatan Bati-Bati.
Hairul Rijal menambahkan, pola antar jemput sampai kini tetap berjalan, dimana bagi sekolah yang memerlukan buku, maka di antarkan kesekolah, dan kegiatan lainnya di perpustakaan sendiri adalah melaksanakan kursus komputer dan bimbingan belajar.
Saat ini koleksi buku-buku di Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Laut telah memiliki 15.000 judul, 22.000 eksemplar, dan koleksi buku-buku itu akan terus di tambah.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook