PENDIDIKAN

Sanggar Galuh Tampil Ditaman Budaya Banjarmasin

INFOTANAHLAUT.COM-Grup tari Sanggar Galuh Kabupaten Tanah Laut di usianya yang ke 8 tahun, melakukan ekpose atau tampil di Taman Budaya Banjarmasin, Rabu (27/11). Sebelum berangkat, mereka melakukan persiapan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kijang Mas Permai pada pagi harinya.
Di jelaskan Maulida selaku pelatih dan owner Sanggar Galuh, ekpose adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan setiap akhir tahun dan sekaligus pada tahun ini Hut Sanggar Galuh yang ke 8 tahun, serta dalam rangka Hut Tala ke 54.
Menurutnya, ekpose di Taman Budaya Banjarmasin di satu sisi agar anak-anak untuk refreshing supaya segar kembali, dan semangat latihan yang akan datang, dan dalam.penampilan membawakan tarian Japin Baramian.
“Setelah 1 tahun berjalan mungkin ada perasaa jenuh dengan rutinitas latihan, dan tampil kali ini sebagai hiburan,” kata Maulida.
Ia menambahkan, anak-anak juga di ajak kegiatan tour semi edukasi yang masih berkaitan dengan tari dan kesenian daerah. Mereka sebagai pelestari seni daerah.
Tampil di panggung utama pada Taman Budaya Banjarmasin juga untuk melatih keberanian tampil di muka umum dan di luar daerah.
Sanggar Galuh Pelaihari sendiri tampil bersama sanggar Bahana Antasari dari UIN Banjarmasin sebagai grup dewasanya yang menampilkan tarian Pamali.
Terpisah, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tala Abdillah mengapresiasi grup Sanggar Galuh Pelaihari ini. Menurutnya, terhadap sanggar ini berharap nilai-nilai budaya luhur bangsa dari Kalsel khususnya di Tala dapat di kembangkan.
“Potensi dari kemampuan olah seni bisa tersalurkan dan bisa terus di salurkan. Pemkab Tala dalam hal ini Disdikbud mendukung penuh terhadap sanggar-sanggar seni yang ada di Tala, dan memberikan pembinaan yang terus menerus,”ucap Abdillah.
Sementara itu kabid kebudayaan pada Disdikbud Tala Darmawisata,S.sos,M.AP mengungkapkan, pada bidang kebudayaan mengakomidir kegiatan seperti lomba-lomba, permintaan dari SKPD yang bersifat promosi.
Lebih lanjut di katakan, jika ada kegiatan yang sifatnnya bantuan pendanaan dari kelompok-kelompok kesenian, maka dari bidang hanya menerbitkan rekomendasi ke daerah.
“Bagus saja banyak sanggar-sanggar di Tala, bahkan ada yang sudah sampai ke tingkat nasional. Pada bidang kebudayaan sendiri sangat mensuport saat ada panawaran dari luar daerah untuk menampilkan grup atau kelompok seni untuk tampil dan selalu bersinergi dengan Dewan Kesenian Daerah (DKD) Tala,”tutupnya.Tung

7
87%
like
1
12%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook