PEMKAB TALA

Santap Bareng Nasi Bungkus Ucap Sukur

INFOTANAHLAUT.COM- Puluhan buah nasi bungkus untuk di santap bersama teriring dengan doa, sebagai ucap syukur atas kerja yang telah dilakukan oleh relawan Respon Cepat (RC) 113 Tala yang selama 7 hari bersama warga sekitar melakukan bedah rumah milik Isai (60) warga yang tinggal di Desa Ambungan Rt 8 atau pasar PTPN Pelaihari bersama seorang anak laki-lakinya Hariyani, Senin (9/4) secara resmi Sekretaris Daerah (Sekda) Tala Drs.Syahrian Nurdin menyerahkan kunci rumah kepada Isai.
Penyerahan kunci rumah berikut sertifikat kepemilikan rumah Isai oleh Sekda juga di saksikan Asisten I Noor Hidayat, kepala Dinas Sosial Wiyanto, dari jajaran Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Tanah Laut Hasan Basri dan Syamsul Fajeri, serta warga setempat.
Sebelumnya, kondisi rumah Isai memang tidak layak huni. Kala hujan sudah pasti terjadi kebocoran di mana-mana, belum lagi dinding rumah yang sebagian sudah tidak ada.
Isai sendiri dulunya karyawan musiman era pabrik gula di PTP, akan tetapi kini dengan usianya yang sudah tua dan tidak mempunyai pekerjaan, ia pun hidup seadanya dan kadang menjadi perhatian warga sekitar hanya sekedar membantu makan dan minum.
Sekda Tala mengatakan, kegiatan bedah rumah sebagai program dari Pemkab Tanah Laut dan sebagai tanggung jawab kepada masyarakat.
“kepada relawan yang tanpa pamrih bekerja di harapkan akan tetap terus semangat, karena masih banyak warga di Tanah Laut yang juga memerlukan hal demikian, di samping terima kasih kepada Baznas Tanah Laut yang ikut peduli dengan kegiatan bedah rumah, serta relawan dari Dinsos, serta peran serta masyarakat sekitar,”kata Sekda.
Lebih lanjut Sekda menambahkan, bedah rumah menjadi tanggung jawab Pemkab utamanya kepada warga yang nasibnya kurang beruntung seperti mendiami rumah yang tidak layak huni. Kedepan tentunya masih ada warga yang memerlukan, dan di butuhkan sinergitas antar pihak terkait, se kecil apapun yang bisa di berikan kepada masyarakat kenapa tidak.
Sementara itu Syamsul Fajeri dari Baznas Tanah Laut mengungkapkan, semua berkat kerjasama yang baik saling koordinasi maka terwujudlah bedah rumah ini.
“anggaran yang di habiskan untuk bedah rumah Isai berkisar Rp 10 juta, yang dananya di himpun dari umat, sepanjang keuangan masih ada kapan pun dan di manapun Baznas Tala siap memback up kegiatan relawan RC 113 Tala, karena dana pun di pertanggung jawabkan melalui Sistem Informasi Manajemen Baznas (Simba) yang sampai ke Baznas pusat, sehingga selisih Rp 1000 saja pun tidak akan masuk data,”kata Syamsul.
Secara tehnis dilapangan, Baznas juga melakukan pengecekan atau verifikasi dilapangan untuk penyaluran dana, seperti mengecek keberadaan domisili sesuai dengan KTPnya, dan kepercayaan penuh di berikan kepada RC 113 Tala yang telah mensukseskan bedah rumah ini, kata Syamsul pula.
Syahrani salah seorang relawan RC 113 Tala menuturkan, selama pengerjaan Alhamdulillah tidak menemukan kendala, barangkali kalau hanya hujan turun saja pengerjaan di hentikan selanjutnya semua di selesaikan secepatnya.
“sumbangan dari masyarakat setempat juga ada berupa batu, tanah uruk lantai sama semen dan pasir, dan pengerjaan rumah oleh relawan sifatnya aplusan, bagi yang ada kesibukan di gantikan temannya,”tutup Syahrani.
Isai bersama anaknya Hariyani pun merasa senang tinggal di rumah baru tanpa harus kerepotan jika hujan turun dan hidup dalam tempat tinggal yang layak huni.
Di kesempatan tersebut kepala dinas sosial Wiyanto pun menyerahkan bantuan kepada Isai dan anaknya Hariyani berupa alat masak serta dana Bansos untuk kebutuhan dasar sebesar Rp 2,4 juta.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook