PEMKAB TALA

Sapi Bali Masih Primadona Peternak

INFOTANAHLAUT.COM- Jenis sapi di Kabupaten Tanah Laut masih menjadi primadona, demikian di katakan kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tala Suharyo, Selasa (8/5).
Ia menyebutkan pula, jika sapi yang paling banyak di pelihara jenis sapi Bali, jika di bandingkan jenis sapi yang lain seperti Limousin, sapi PO dan sapi Brahman Cros. “Paling banyak sapi yang di pelihari oleh masyarakat jenis sapi bali,” ucapnya. Di gandrunginya atau di pilihnya sapi Bali oleh peternak Tala, karena sapi Bali mudah untuk di pelihara, dan mudah perawatnnya, sementar dalam satu tahun sudah memiliki anak.
Namun, sapi Bali juga memiliki satu kelemahan sendiri yakni sangat rentan terhadap serangan penyakit seperti, penyakit Jembrana. Data perkembangan dari populasi ternak sapi di Tala hingga bulan Maret 2018 berjumlah kurang lebih 80 ribu ekor. Dari jumlah tersebut sapi Bali yang lebih dominan di ternak oleh masyarakat Tala yakni, kurang lebih 50 ribu. “Sisanya jenis lain dan dari hasil persilangan,” ungkap Suharyo pula. Populasi sapi Bali yang di pelihara oleh masyarakat, dapat di jumpai dan di perdagangkan setiap hari Senin di pasar hewan, Kelurahan Sarang Halang, karena lokasi pasar hewan merupakan satu-satunya pasar hewan di Kalselteng. Terbukti, dalam setiap minggunya sapi-sapi yang keluar dari pasar tersebut sekitar 200 ekor. Tala merupakan penghasil daging sapi dan ayam potong untuk wilayah Kalsel, bahkan penyangga kebutuhan daging Kalteng.
Selain populasi sapi, jelas dia, Talajuga menghasilkan ayam potong kurang lebih 20 juta ekor, ayam petelur kurang lebih 15 juta ekor, bebek kurang lebih 5 juta ekor dan ayam bukan ras kurang lebih 10 juta ekor.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook