PUBLIK

Satlantas Berbagi Ilmu Saat Penanganan Di TKP

INFOTANAHLAUT.COM- Relawan yang tergabung dalam Respon Cepat (RC) 113 Tala yang kini anggotanya mencapai 90 orang dan tersebar di beberapa kecamatan, terkadang lebih dulu mengetahui jika terjadi berbagai macam peristiwa. Salah satunya saat terjadi kecelakaan lalu lintas, akan tetapi dalam penanganan sebuah kecelakaan lalu lintas sudah jelas ada batasan-batasan yang di kerjakan, karena ada pihak yang berwajib yang lebih berwenang melakukan penanganan lebih lanjut.
Sejalan itu, Kamis (22/3) sekitar 20 orang relawan RC 113 Tala di undang Satlantas Polres Tala untuk selanjutnya Satlantas berbagi ilmu kepada relawan tentang bagaimana penanganan sementara saat terjadi kecelakaan di TKP, atau tindakan apa yang dilakukan di TKP agar tidak terkesan melebihi kewenangan Satlantas dalam menangani sebuah kecelakaan.
Anggota RC 113 pun di berikan teori penanganan apa yang dilakukan di TKP di aula Rupatama Polres Tala. Usai menerima teori, dilakukan praktek lapangan tentang penanganan korban kecelakaan, baik itu kondisi korban yang mengalami patah tulang, tehnik mengangkat korban, mengamankan barang butki.
Kanit Laka IPDA Sulkani yang memimpin praktek menjelaskan, yang dilakukan saat terjadi kecelakaan relawan bisa mengamankan korban terlebih dahulu ke tepi jalan, sambil menunggu ambulan datang, namun di minta juga untuk mengamankan titik TKP dengan cara memberi gambar dengan kapur atau cat. Kemudian jika barang bukti seperti sepeda motor atau sepeda berada di jalan maka yang dilakukan menggambar posisi sepeda motor atau sepeda tersebut secara menyeluruh baru kemudian menepikan sepeda motor atau sepeda jika berada di tengah jalan dengan maksud agar arus lalu lintas tetap lancar.
“pengamanan TKP sangat penting sambil menunggu petugas datang untuk olah TKP, kecenderungan saat sekarang masyarakat kadang menyembunyikan barang bukti kecelakaan, jika demikian cukup di foto saja pakai Hp baik titik TKP maupun barbuk,” jelasnya.
Kasat lantas Polres Tala AKP Lalu Ryan mengatakan, pelatihan tentang Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) kepada RC 113 di harapkan dapat membantu petugas yang memang terbatas personilnya, terlebih di Kabupaten Tanah Laut ini kurang lebih 200 km panjang jalan, maka tidak mungkin jika semata mengandalkan petugas, lewat relawanlah menjadi mitra Satlantas.
Mengakhiri kegiatan dilakukan pengucapan ikrar anti berita hoax di medsos oleh RC 113 Tala.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook