PUBLIK

Sawah Petani Kini Diasuransikan

INFOTANAHLAUT.COM-Petani di Kabupaten Tanah Laut kini sedikit merasa lega, karena lahan garapan mereka yang di tanami padi di masukan dalam asuransi oleh PT. Jasindo Cabang Banjarmasin. Asuransi ini sendiri sebagai bentuk untuk membantu para petani, jika sawah mereka rusak akibat banjir.

Sejalan dengan itu, Senin (6/2) kemarin di gedung Sarantang Saruntung Pelaihari segenap penyuluh pertanian se Kabupaten Tanah Laut melaksanakan “Temu Teknis” bersama pihak PT. Jasindo Cabang Banjarmasin.

Kegiatan yang di buka bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah, dan di hadiri dari unsur TNI Kodim 1009 Pelaihari.

Kegiatan temu teknis di motori oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Tanah Laut.

Di kesempatan itu, para penyuluh pertanian memanfaatkannya untuk melakukan Tanya jawab mengenai asuansi pertanian, termasuk dari TNI pun meminta kepada penyuluh atau petani untuk pro aktif dalam hal pertanian, jika seumpama ada angggota Babinsa yang malas untuk turun ke sawah, maka laporkan saja ke Kodim 1009 Pelaihari, dan di jamin si pelapor di jaga kerahasiaannya.

Saat waktu jeda, kepala cabang PT. Jasindo cabang Banjarmasin Widodo mengatakan, namanya asuransi usaha tani padi yakni asuransi yang melindungi para petani dari gagal panen dengan luasan hektar dilakukan pergantian sebesar Rp 6 juta per hektar dengan hanya membayar premi sebesar Rp 36.000 per hektar.

“hal ini jelas bertujuan untuk melindungi petani dengan harapan agar biaya pengganti tersebut oleh petani bisa kembali melakukan tanam padi pada musim berikutnya,” jelasnya.

Sementara untuk di Kabupaten Tanah Laut sendiri saat ini yang tercover oleh PT Jasindo baru mencapai 500-an hektar, sementara target yang ada di Tanah Laut ada 3000 hektar atau masih jauh dari separonya.

Ia menambahkan, di masa tanam tahun 2017 memang masih dalam tahap sosialisasi dengan gencar-gencarnya, mudahan target tersebut bisa di capai, disamping itu memang mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dalam rangka percepatan masa tanam yang di canangkan 3000 hektar, maka berharap bisa sampai tembus bahkan mungkin bisa melebihi target yang di canangkan.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook