RELIGI

Sebelum Berangkat Haji Bimbingan Manasik Dulu

INFOTANAHLAUT.COM-Calon jemaah haji asal Kabupaten Tanah Laut yang akan berangkat di tahun 2019, terlebih dahulu mengikuti proses manasik haji.
Kegiatan manasik haji, Sabtu (24/11/2018) di motori oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Tanah Laut bagi jamaah calon haji Kabupaten Tanah Laut yang akan di berangkatkan di tahun 2019, di langgar Ponpes Nurul Hijrah Kecamatan Jorong.
Manasik di buka langsung Ketua IPHI Kabupaten Tanah Laut KH.Mukri Yunus. Ketua IPHI Tala berterima kasih kepada pengurus IPHI Tala yang telah mewujudkan rencananya
“manasik telah dilaksanakan mulai tiga tahun yang lalu, mudahan tahun ini bisa lebih meningkat lagi,”katanya.
Dalam kesempatannya KH. Mukri Yunus yang juga Pimpinan Ponpes Nurul Hijrah Jorong sekaligus memberikan nasehat bagi jamah calon haji.
“semoga kegiatan manasik bisa membawa manfaat, dengan mencari ilmu manasik mandiri nantinya jamaah di harapkan dapat menjadi jamaah yang mandiri dalam melaksanakan ibadah haji nantinya,” ungkapnya pula.
Sementara iti melalui bagian informasi sekretaris IPHI Tala Drs.H.Rusyadi pun memberikan informasi tentang program atau kegiatan IPHI Tala, selain memberikan pembinaan pasca haji diantaranya program manasik mandiri.
“ibadah haji bukan hanya mampu dalam materi saja akan tetapi mampu dalam ilmu tentang haji, oleh sebab itu manasik mandiri dilaksanakan dengan ilmu tentang teori dan prakteknya,”kata Rusyadi.
Dalam manasik haji yang dilaksanakan tersebut di bagi menjadi 4 kelompok berdasarkan kecamatan yang saling berdekatan dan turur di dampingi oleh pengurus IPHI di setiap kelompoknya sebagai pengajar.
Anisa warga dari Kecamatan Kintap salah seorang peserta manasik haji mengutarakan, kegiatan manasik mandiri yang di selenggarakan IPHI sangat positif selain untuk mendapatkan informasi mengenai seluk beluk kegiatan tentang haji, juga sebagai saling mengenal antar jamaah untuk meningkatkan tali silaturahmi.
Pembukaan manasik mandiri turut di hadiri pengurus IPHI Tala lainnya, calon jemaah haji dari Kecamatan Kintap, Jorong dan Batu Ampar.
Dari data Kementerian Agama (Kemenag) Tala, untuk tahun 2019 mendatang sebanyak 280 calon jemaah haji yang akan berangkat menunaikan rukun islam yang ke 5 ini. Umur para calon jemaah haji sendiri paling tinggi 60 tahun.
Sementara itu Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh pada Kemenag Tala Drs.H.Rusyadi yang notabenya sekretaris di IPHI Tala menghimbau kepada calon jemaah haji untuk segera datang ke kantor Kemenag Tala dengan membawa identitas diri beserta berkas pendaftarannya.
Hal tersebut menindak lanjuti adanya surat dari Kemenag Provinsi Kalsel nomor 2613/Kw.17.4-1/HJ.00/10/2018 tentang pengumpulan lembar bukti setoran awal, maka kepada masyarakat Tanah Laut yang merasa telah daftar haji di kantor Kemenag Tala dari bulan Februari sampai Agustus 2010 atau sampai nomor Porsi 19000060189.
“Kurang lebih 1 minggu sudah memanggil calon jamaah haji yang di prediksi nomor porsinya masuk di tahun 2019, selanjutnya untuk di verifikasi berkas. Banyak yang tidak bisa di hubungi karena nomor Hpnya mati, ada pula pindah alamat. Pemberitahuan hal tersebut juga melalui media radio,”kata Rusyadi.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook