PUBLIK

Seknas Dukung Eks Tambang Jadi Pengembangan Kandang Sapi

INFOTANAHLAUT.COM-Sekretariat Nasional (Seknas) Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Indonesia Dr Ir S Edi Waluyo, di kediaman bupati Tala di dampingi penasehat Seknas BUMP Indonesia Prof M Winugroho, Msc menuturkan jika Kabupaten Tala adalah tempat yang strategis untuk mengembangkan ternak sapi, mengingat Tala termasuk salah satu pemasok sapi terbesar di Kalsel. Dikatakan, BUMP juga membantu untuk meningkatkan nilai jual sapi yang berujung pada kesejahteraan petani.
Demikian hal itu di sampaikan saat rombongan Seknas BUMP di terima di kediaman bupati Tala H.Sukamta bersama kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tala Ir Suharyo, Jum’at (30/5/2019) kemarin.
Dalam kesempatan tersebut Prof Winugroho mengungkapkan keinginan agar ada mediasi dari pemerintah daerah untuk lahan Hak Guna Usaha (HGU) agar bisa di manfaatkan menjadi lahan ternak.
“Kontribusi BUMP pada akhirnya di harapkan bisa mengurangi penganguran, mengurangi kemiskinan dengan proses pemberdayaan dan pada akhirnya memperbaiki kesejahteraan petani,” ujarnya.
Bupati dalam kesempatan tersebut menyambut baik niat dari BUMP terkait untuk memajukan pembangunan di sektor peternakan di Kabupaten Tanah Laut. Sukamta menyebut jika di Tala untuk potensi peternakan adalah memang sesuatu yang luar biasa dan sangat bisa untuk di kembangkan karena lahannya ada.
Bahkan bupati menyatakan Pemkab Tala melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sudah mempersiapkan lokasi yang akan di gunakan untuk lahan ternak sapi. Lahan yang dimaksud adalah lokasi areal tambang yang reklamasinya akan di gunakan untuk kandang sapi.
“Ingin kembalikan kandang-kandang sapi seperti dulu, hanya saja kandang sapinya akan ada di areal bekas tambang. Ini jauh lebih aman, karena areal bekas tambang ini masyarakat tidak akan tertarik untuk mengklaimnya sudah tidak ada nilai ekonominya. Kenapa pihaknya memilih lahan bekas areal tambang, karena di lokasi ini masih ada cadangan airnya, lahannya juga masih bisa di gunakan untuk menanami rumput,”kata Sukamta.
Lebih lanjut Sukamtan menambahkan, ingin membuktikan jika lahan bekas tambang masih bisa menghasilkan untuk masyarakat. Bagaimana melakukan reklamasi yang bermanfaat. Kalau di tanami pohon ini sama saja akan mengajari rakyat jadi illegal logging kembali, ujarnya.
Silahturahmi juga di hadiri oleh Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Ir Ahmad Khairin, Kepala Dinas Sosial Ir Nor Hidayat, Kepala Bagian Ekonomi Yusransyah serta Kepala Bagian Tata Pemerintahan Tajuddin Noor Effendi.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook