PEMERINTAHAN

Sempat Tertunda, RI 1 Bakal Ke Tanah Laut

INFOTANAHLAUT.COM-Sempat terunda beberapa bulan rencana kedatangan RI 1 ke bumi Tuntung Pandang, kini kedatangan RI 1 ini nampaknya akan datang ke Kabupaten Tanah Laut dan sekaligus melakukan serangkaian kunjungan ke Kabupaten Tanah Bumbu.
Menyikapi rencana kedatangan RI 1 ke Tanah Laut, segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun melakukan rapat, guna mempersiapkan lokasi apa saja kelak yang akan di kunjungi RI 1.
Pada Senin (1/5), nampak mobil-mobil dinas milik Pemkab Tanah Laut terlihat parkir di halaman belakang dari kantor Setda Tala, lantaran saat itu segenap pejabat daerah tengah rapat bersama untuk kesiapan menyambut kedatangan RI 1 di Tanah Laut.
Menurut Rafiqi selaku kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tanah Laut Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Selasa (2/5) mengatakan, sebagai langkah awal untuk mengecek lokasi sebelum RI 1 datang, maka besok hari Kamis (4/5) Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya datang terlebih dahulu guna melakukan pengecekan, yakni kedua tempat yakni di Desa Tebing Siring Kecamatan Bajuin dan Desa Telaga Langsat Kecamatan Takisung.
Ia menjelaskan, untuk pengecekan di Desa Tebing Siring, Menteri Lingkungan Hidup melihat kesiapan lokasi Hutan Kemasyarakatan (HKM), karena di situ ada 2 kelompok tani yang mengelola kawasan hutan yakni kelompok tani Ingin Maju dan Suka Maju. Kedua kelompok tani pengelola kawasan hutan ini sendiri di percaya mengelola hutan dimana mereka melakukan penanaman seperti karet dan buah-buahan dan sekaligus melakukan perawatan terhadap hutan.
Kemudian di Desa Telaga Langsat, Menteri Lingkungan Hidup juga melakukan pengecekan terhadap adanya Hutan Rakyat, yang tidak jauh beda dengan yang ada di Desa Tebing Siring. Selain mengelola hutan di Desa Telaga Langsat Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang bernama Langsat Membangun, yang juga melakukan budi daya lebah madu, serta beraneka ragam usaha ekonomi dengan memanfaatkan hutan.
Kunjungan RI 1 ini sesuai dengan jadwal yang telah ada, juga melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan pelabuhan di wilayah Kecamatan Jorong, yang telah di tetapkan sebagai Kawasan Industri di Kabupaten Tanah Laut.
Sesuai dengan jadwal kegiatan RI 1 di Tanah Laut pada tanggal 7 Mei 2017, yakni menuju HKM Desa Tebing Siring dengan rangkaian acara berupa penyerahan 4 SK HPHD dan 25 SK IUPHKm, penyerahan ikan dan sapi, serta melakukan panen padi. Di Desa Telaga Langsat acara di HR Telaga Langsat, dan penyerahan sapi di ruang pertemuan Poktan Langsat Membangun.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook