HOBBY

Sengon Laut, Cara Tepat Tanam Buah Naga

INFOTANAHLAUT.COM-Kalau selama ini petani buah naga menanam buah naga menggunakan batang kayu ulin, maka cara seperti itu tidak lagi cara yang tepat. Efek menggunakan batang kayu ulin yakni membuat tanaman buah naga menjadi kering, karena tanaman buah naga sendiri sifatnya tanaman parasit bahkan lebih ganas dari tanaman Benalu.

Karena bersifat tanaman parasit maka akar tanaman selalu menempel dan mencari sumber makanan, akan tetapi jika yang di tempel akar tanaman parasit itu pada kayu ulin yang kering, maka jelas tidak ada asupan makanan bagi tanaman parasit. Oleh Imam, salah seorang petani buah naga, saat di sambangi di kebunnya di Desa Tampang Kecamatan Pelaihari, Sabtu (3/9) pekan tadi, yang kini tengah merintis pabrik pengolahan buah naga mengajak petani buah naga di Kabupaten Tanah Laut untuk tidak lagi menggunakan kayu ulin sebagai tonggak tanaman buah naga.

Ia menjelaskan, selain tidak membawa manfaat bagi tanaman buah naga sendiri yang terlihat kering, maka dengan menggunakan batang sengon laut jauh akan lebih terlihat tanaman buah naga nampak segar, karena batang kayu sengon laut terdapat kambiumnya yang tebal, sehingga serapan akar tanaman buah naga akan mendapatkan makanan dari kambium batang sengon laut.

Selain itu tambahnya, dari segi ekonomis sangat jelas salah satunya tidak lagi menggunakan ban bekas sepeda motor yang fungsinya menahan tanaman buah naga jika menggunakan kayu ulin. Dengan menggunakan batang kayu sengon laut, maka akar tanaman buah naga yang sudah menempel jauh lebih kuat dan tidak perlu lagi menggunakan ban bekas, dan selama kurun waktu 8 bulan buah naga dapat di panen di banding dengan menggunakan kayu ulin yang mencapai waktu 10 bulan baru bisa panen.

“sementara batang sengon laut di datangkan dari pulau Jawa, termasuk bibit buah naganya dari Jawa, dan saya berharap petani buah naga di Kabupaten Tanah Laut tidak lagi menggunakan cara menanamnya dengan menggunakan batang kayu ulin,”terangnya.

Imam sendiri kini tengah mepersiapkan bibit buah naga untuk selnjutnya di tanam di lahan seluas 100 hektar di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. Hal ini ia lakukan sebagai salah satu persiapan ketika kekal pabrik pengolahan buah naganya selesai di bangun, sehingga pasokan bahan baku tidak tersendat, disamping juga menerima buah naga dari petani mana saja untuk ke pabrik.

“pangsa pasar kita sudah jelas, bahkan negara India meminta produk buah naga yang sudah jadi dalam bentuk permen, dan di pabrik pengolahan kelak juga akan di kemas dalam bentuk aneka minuman yang di kolaborasi dengan buah jeruk, serta ada yang sudah dalam bentuk dodol,”jelas Imam.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook

Tentang Penulis/Jurnalis

Tim Jurnalis

Tim Jurnalis

Kami akan selalu berusaha memberikan informasi yang aktual dan terpercaya kepada pembaca setia infotanahlaut.com. Semoga media ini bisa menjadi media penambah khasanah informasi khususnya dari Kabupaten Tanah Laut.