PEMKAB TALA

Setelah Pratama Bertekad Naik Madya

INFOTANAHLAUT.COM-Setelah mendapat penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI ke Kabupaten Tanah Laut Tala oleh Menteri PPPA RI Yohana Susana Yembise, sebagai Kabupaten/kota Layak Anak (KLA) Kategori Pratama, dan penghargaan di serahkan ke bupati Tala H.Sukamta di Four Points Rappocini Makassar Sulawesi Selatan, sudah pasti tidak cukup sampai di situ saja, karena penghargaan di dapat ada beberapa kategori yakni Pratama, Madya, Nidya dan Utama.
Untuk terus meraih tahapan kategori KLA, tentulah memiliki barometer tersendiri hingga penghargaan tersebut bisa di dapatkan Kabupaten Tanah Laut.
Ir.Wiyanto kepala dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Tala Ir.Wiyanto, Selasa (6/8) mengatakan, ada 24 indikator, 5 klaster (kelompok) dalam penilaian KLA, dan dari 24 tersebut masalah pendidikan, dan kesehatan yang utama untuk di Tala.
“Ada sekolah ramah anak dan puskesamas ramah anak, cuka belum dapat SK dari Kementrian, karena Pembinaan dilakukan kalau ada evaluasi terhadap sekolah dan puskemas,”terangnya.
Wiyanto menambahkan, sejatinya sedikit lagi sudah mau mendekati kategori Madya nilanya, akan tetapi karena yang di nilai sampai bulan Maret 2019, di atas itu untuk tahun berikutnya pendek kata verifikasi di lapangan tinggal sedikit lagi. Dan untuk Kalsel yang dapatkan KLA adalah kabupaten yang dapat penilaian di atas 500.
Tahun ini optimis Kabupaten Tanah Laut dapat kategori Madya. Kekurangan kelembagaan, regulasi tentang anak, dengan mengakomodir hal yang masih kurang. Perda KLA yang masih di ajukan dan Perda pencegahan pernikahan usia anak, dan itu masih dalam kajian bagian hukum.
Sukses tidaknya KLA juga ada peran dari pihak ke 3 dalam hal ini perusahaan-perusahaan, dan diakui keterlibatan perusahaan juga sangat kurang. Semua kompenen sejatinya juga menentukan KLA.
Hal senada di utarakan Wiyanti Melab Sari selaku kasi pemenuhan anak-anak pada DP2KBP3A.
Menurutnya ada satu strategi yang tengah di siapkan DP2KBP3A Tala yakni melakukan kegiatan kepada anak berupa baca dan permainan, ruang bermain ramah anak yang tempatnya di Ruang Terbuka Hijau (RTH).Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook