RELIGI

Siap Tampil Disertijab Kapolda

INFOTANAHLAUT.COM-Grup Sinoman Hadrah yang kerap di gunakan untuk menyambut datangnya tamu-tamu penting dan di iringi dengan syair salawat plus payung hias yang berputar-putar serta memayungi tamu tersebut menjadi satu kebudayaan khas Kalsel. Setiap pemain alat musik yang di sebut Terbang, biasanya selalu pemain alat musik menggunakan pakaian muslim.
Selama 2 tahun lalu di bentuk dan satu-satunya yang ada di Polres Kalsel, cuma Polres Tala yang memiliki grup Sinoman Hadrah dan terus melakukan latihan untuk pembenahan demi mantapnya grup Sinoman Hadrah ini tampil di berbagai kegiatan di jajaran internal Polri.
Di bawah binaan Kabag Sumber Daya (Sumda) Polres Tala Kompol Riyanto, 12 orang yang tergabung dalam grup Sinoman Hadrah ini merupakan pilihan dari unit Satlantas, Sahbara, Intel serta dari Polsek sudah sering tampil di acara internal Polri, seperti salah satunya saat kunjungan Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmad Mulyana ke Polres Tala tahun 2017 lalu dan juga dalam waktu dekat ini akan tampil pada serah terima jabatan Kapolda Kalsel yang pangkatnya naik menjadi Irjen Pol mendapat tugas baru menjadi staf ahli Kapolri di Mabes Polri.
Di utarakan Bripka Ratip Muhammad Noor salah seorang pembawa syair solawat di grup Sinoman Hadrah Polres Tala, Rabu (5/09/2018) saat melakukan latihan bersama rekan-rekannya dalam waktu dekat grup akan tampil dalam pisah sambut Kapolda Kalsel maka latihan dilakukan selama 15 hari, dan latihan dilakukan di saat jam kerja atau sore hari,bisa juga dilakukan setelah apel pagi dan apel siang.
Ia menambahkan, grup Sinoman Hadrah untuk tampil tidak saja di lingkungan Polres Tala,tapi juga sampai ke Polsek-Polsek baik acara Isra Mi’raj dan pelepasan tahun baru. Sementara menyangkut syair-syair solawat dari ide sendiri yang kadang juga di padukan dengan syair maulid habsyi di luar.
Grup Sinoman Hadrah Polres Tala juga pernah tampil bersama grup serupa dari luar seperti Al Barokah, grup dari Majelis Rasulullah dan lainnya. Grup Sinoman Hadrah Polres Tala sendiri atas inisiatif Kapolsek Bati-Bati saat di jabat IPTU Sopian Noor bahwasanya untuk merubah kebiasaan masyarakat yang tadinya dalam pergantian tahun di isi dengan kebiasaan di luar dari kebiasaan umat islam seperti pakai kembang api,maka mengajak masyarakat agar supaya mengisi malam pergantian tahun dengan kegiatan yang bermanfaat,semisal tablik akbar, tausiyah serta solawat.
Lebih lanjut Bripka Ratip Muhammad Noor mengatakan, grup Sinoman Hadrah Polres bahkan di minta untuk tampil di setiap pengajian di mesjid Agung Syuhada Pelaihari sebelum pelaksanaan tausiyah yang di mulai pukul 14.00 wita setiap hari Rabu, dan untuk itu masih di koordinasikan dengan pengelola mesjid.Tung

7
87%
like
1
12%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook