SOSIAL

Dapat Musibah Atau Kendala Berobat Sibuta Siap Bantu Warga Lewat WA

INFOTANAHLAUT.COM-Bagi warga di Kabupaten Tanah Laut yang mungkin kesulitan dalam mendapatkan bantuan berupa dana dari Pemkab Tanah Laut, utamanya setelah mengalami bencana baik kebakaran, angin puting beliung, banjir atau bahkan ada yang kesulitan dalam hal pengobatan hingga harus dilakukan pengobatan kerumah sakit di luar Kalimantan Selatan, maka ada Sibuta yang siap membantu meringankan beban penderitaan warga Tala.
Siapa itu Sibuta ?
Ia bukan berwujud orang yang memiliki kebutaan pada pandangan matanya, tapi ia adalah sebuah program fasilitasi SIBUTA (Sistem Bantuan Sosial Tidak Terencana), sebuah produk dari Dinas Sosial (Dinsos) Tala.
Penggunaan aplikasi ini sangat mudah dalam genggaman anda, pendek kata ia berada dalam smart phone anda. Namun dengan catatan harus yang benar-benar mengalami musibah.
Kepala Dinsos Tala Ir.Noor Hidayat melalui kabid Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial H.Iwan Persada, Kamis (18/7/209) menjelaskan, aplikasi Sibuta sangatlah mudah di gunakan, hanya dengan mengetiknya dengan kalimat “Info”, baik huruf besar dan kecil dan mengirimkannya ke nomor 081349757646 maka secara auto replay akan muncul segala macam persyaratan yang harus di penuhi pemohon kepada Pemkab Tala melalui Dinsos Tala.
“Seluruh proses usulan baik mengenai format proposal langsung muncul, dan segalanya muncul dan itulah yang di namakan Sibuta sebagai salah satu aplikasi yang di ciptakan untuk memberikan kemudahan kepada warga, melalui Whatsapps khususnya bagi warga yang jauh dengan kantor Dinsos dan yang mendapatkan musibah,”ungkap Iwan.
Iwan menjelaskan pula, gambaran untuk musibah kebakaran di anggarkan maksimal sebesar Rp 50.000.000.
Bencana alam puting beliung di lihat dari kerusakan untuk bantuan dana, tapi sebelum penyaluran ke korban dilakukan koordinasi dengan aparat desa setempat dimana musibah itu terjadi.
Aplikasi ini sudah berjalan kurang lebih 2 bulan lewat dan sesuai dengan SK bupati nomor 17 tahun 2019 tentang tata cara penganggaran, pelaksanaan dan penata usahaan, pertanggung jawaban dan pelaporan serta monitoring dan evaluasi hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD Tanah Laut.
Meski baru berjalan 2 bulan, Sibuta tercatat sudah ada 20 buah berkas yang masuk ke Dinsos dan memberikan bantuan kepada warga.
Satu contoh aksi Sibuta kepada warga yakni Novita Sari warga Jalan Suka Damai Rt 5 Rw 2 Desa Asam-Asam Kecamatan Jorong penderita tumor kanker bagian leher atas sebelah kiri. Akibat tumor tersebut ia kesulitan untuk makan lantaran muncul benjolan sebesar kurang lebih ukuran bola kaki.
Lewat Sibuta ia di bantu Rp 10 juta, dan pada tanggal 13 Mei 2019 lalu ia berangkat ke Rumah Sakit Soetomo di Surabaya untuk menjalani operasi.
Dan yang terbaru dari Sibuta yakni Haytun (31) warga Bentok Kampung Rt 2 Rw 1 Kecamatan Bati-Bati, dimana anaknya bernama Racmahtul Mawadah mengidap penyakit jantung bocor dan akan menjalani operasi di Rumah Sakit Soetomo Surabaya.
Warga Bentok Kampung ini pun di bantu dari APBD Tala sebesar Rp 9.750.000 melalui Sibuta yang akan berangkat pada tanggal 25 Juli 2019.
Sibuta sendiri di ciptakan untuk kemudahan di akses ke warga yang mengalami musibah, dan ini sebagai salah satu wujud kepedulian Pemkab Tala kepada warga, tutup Iwan.Tung

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook