PUBLIK

Simanja Protect Bagi Pekerja

INFOTANAHLAUT.COM-Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind) Tanah Laut punya program yang bertujuan akan memberikan perlindungan bagi pekerja, berupa sebuah aplikasi yang bernama “Si Manja” atau Sistem Manajemen Norma Kerja.
Namum, aplikasi Si Manja masih di godok oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tala, dan jika tidak ada halangan aplikasi Si Manja bakal di lounching pada bulan Agustus 2019.
Maria Ulfah, S.Psi Kabid Hubungan Industrial dan Jamsostek (HIJSTK) pada Disnakerind Kabupaten Tanah Laut, Kamis (11/7/2019) mengutarakan, Si Manja adalah sebuah gagasan inovasi yang di tawarkan oleh bidang hubungan industrial dan jamsostek dalam upaya preemtive dan preventif Pemerintah Kabupaten Tanah Laut guna mengangkat harkat dan martabat para pekerja, dan mendukung perusahaan untuk melakukan aktivitas usaha dan produksi melalui perlindungan tenaga kerja sebagai upaya mencegah terjadinya perselisihan hubungan industrial, sehingga tercipta dan terjaga iklim investasi yang dinamis, harmonis dan kondusif di Kabupaten Tanah Laut.
Adapun goal atau tujuannya yaitu “We protect the workers for better future”.
“Di sadari bersama, tenaga kerja memiliki peranan dan kedudukan sangat penting sebagai pelaku ekonomi yang memberi pengaruh pada cepat atau lambannya laju pertumbuhan ekonomi yang berdampak pada pembangunan daerah dan pembangunan nasional,”ungkapnya.
Menurutnya pula, ketika norma ketenagakerjaan di taati oleh para pihak perusahaan dan pekerja tentu akan nyaman melakukan aktivitas usaha dan produktivitas. Usaha pun akan mengalami peningkatan. Hal ini berdampak pada kesejahteraan pekerja dan keluarganya (pendapatan sesuai dengan standard UMP dan mendapat jaminan perlindungan tenaga kerja yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan).
Untuk tindak lanjut gagasan Si Manja, Disnakerind melalui bidang HIJSTK selaku Project Leader bersama tim beserta stakeholder terkait akan melakukan sejumlah langkah-langkah yakni menyusun draft Peraturan Bupati (Perbup) tentang perlindungan tenaga kerja, kemudian mensinergikan data hubungan industrial dengan Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tanah Laut dalam hal rekomendasi penerbitan perizinan yan di tuangkan dalam MoU (Nota Kesepahaman) antara Disnakerin dan DPMPTSP Tanah Laut. Langkah selanjutnya merancang aplikasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dalam hal pembuatan dan pemeliharaan aplikasi Si Manja, hal tersebut untuk peningkatan layanan perlindungan tenaga kerja yang dapat di akses dan di manfaatkan oleh para user yang di tuangkan pula dalam MoU antara Disnakerind dan Diskominfo Tanah Laut.
“Gagasan Si Manja juga sebagai motor penggerak dalam menjalankan Visi dan Misi bupati dan wakil bupati Tanah Laut yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Tanah Laut tahun 2018-2023, yakni BERINTERAKSI (Berkarya, Inovatif, Tertata, Religius, Aktual, Sinergis) dapat terwujud,”tutup Maria.Tung

6
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook