PENDIDIKAN

Siswa Serbu Buku, Plus Berikan Dongeng

INFOTANAHLAUT.COM- Dinas Perpustakaan Dan Arsip Provinsi Kalimantan Selatan yang melakukan interaksi langsung ke SDN 1 Jorong, dengan mendatangkan 2 unit armada perpustakaan keliling, Jum’at (21/7) pekan tadi, begitu mobil tiba di halaman sekolah langsung di serbu siswa sekolah.
Beragam buku-buku yang di bawa dalam armada perpustakaan keliling itu pun jadi rebutan siswa, jari jemari siswa saling mencari dan mengambilnya setelah di amati gambar dan judulnya yang di rasa menarik. Bahkan saking inginnya siswa ini membaaca sebuah buku dan terjadi rebutan, ada saja buku yang sobek. Namun bagi pihak Perpustakaan tidak menjadi masalah dengan hal demikian.
Sebelumnya memang keberadaan armada keliling perpustakaan ini sudah lama di tunggu-tunggu siswa.
Mulai dari judul buku tentang tokoh pahlawan nasional, atau tokoh-tokoh dunia lainnya, termasuk cerita legenda tentang Indonesia tidak luput dari bacaan siswa.
Sementara agar para siswa ini dapat dengan tenang membaca buku-buku dari koleksi perpustakaan keliling, oleh pihak perpustakaan provinsi Kalsel ini pun membentangkan tikar, dengan maksud agar siswa dapat dengan tenang duduk bersama-sama membaca.
Raut wajah siswa SDN 1 Jorong ini nampak begitu ceria, manakala selama ini koleksi buku-buku di perpustakaan sekolah mereka sangat terbatas, maka dengan datangnya armada perpustakaan keliling ini bagi siswa merupakan sesuatu yang baru karena beragam judul buku bisa mereka baca.
Melengkapi armada perpustakaan keliling, pihak perpustkaan keliling juga menyajikan sebuah dongeng kepada siswa usai mereka membaca buku.
Untuk berdongeng sendiri di sajikan oleh Enik Mitarsih selaku pendongeng yang berasal dari Kampung Dongen Intan yang berdomisili di kota Martapura.
Sebelum menyampaikan dongeng, Enik sedikit memberikan permaian kepada siswa berupa lagu hitung dengan menggunakan jari-jari tangan.
Siswa SD Negeri 1 Jorong kian bersorak gembira manakala Enik mengeluarkan sesosok boneka yang berbentuk manusia dan di beri nama Doni dari dalam tas besar.
“Doni senang kalau saat sekarang berada di daerah Jorong,”ucap Enik yang di sambut aplaus siswa.
Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel Dra.Hj.Nurliani Dardi,Map atau biasa di sapa bunda Nunung mengatakan, perpustakaan sendiri siap untuk mendukung program prioritas menuju Kalsel cerdas, dimana ada 5 prioritas, akan tetapi Kalsel cerdas di tempatkan di urutan nomor satu.
“jadi untuk mencapi prioritas selanjutnya seperi Kalsel sehat dan lainnya harus di mulai dari yang pertama yakni Kalsel cerdas, dan dalam hal ini perpustakaan tidak hanya tinggal diam di tempat sambil menunggu pengunjung datang, akan tetapi setiap hari pro aktif bergerak ke sekolah-sekolah, ke lembaga pemasyarakatan, ke panti-panti sosial memberikan sajian bacaan buku-buku yang dapat membuka jendela ilmu,” bebernya.
Ia menambahkan pula, seperti halnya ke sekolah-sekolah, hal itu ada kewenangan dari perpustakaan di kabupaten/kota karena juga memiliki sarana perpustakaan keliling, jadi di harapkan juga perpustakaan kabupaten/kota pro aktif dengan menjangkau ke sekolah-sekolah di wilayahnya, dan dari perpustakaan provinsi sifatnya mensuport dan memback up.
Perpustakaan provinsi Kalsel sendiri sudah yang kali ketiga melakukan kegiatan semacam ini di SD Negeri 1 Jorong, mengingat antusias siswa dengan membaca cukup tinggi, kendati jauh dari ibukota provinsi, namun tetap di kunjungi, di samping itu peran serta ke aktifan kepala sekolah juga turut menopang program Kalsel Cerdas.
Hal senada di utarakan Sumarni selaku kepala sekolah SD Negeri 1 Jorong.
Kegiatan positif ini sungguh luar biasa, dimana animo siswa untuk membaca begitu besar dan banyak.
“walau pun di sekolah sudah mempunyai perpustakaan, tapi belum bisa terkelola dengan baik, disamping koleksi buku-buku juga belum mencukupi dengan jumlah siswa sebanyak 270 orang,” katanya.
Kekurangan ruang belajar di sekolah juga masih ada, sehingga ruang perpustakaan sekolah di gunakan untuk ruang belajar, dan kesempatan bagi siswa untuk membaca juga sangat kurang terlayani dengan baik, padahal minat siswa sangat bagus, dan kegiatan dari perpustakaan provinsi Kalsel bisa memberikan motivasi kepada siswa dan juga guru-guru untuk bisa lebih mempunyai hobi membaca.
Diakui oleh pihak SDN Negeri 1 Jorong, kegiatan tersebut sangat jarang terjadi. Mungkin hanya di antara guru dan siswa, namun tidak seperti sekarang yang bersama-sama seluruh siswa, yang otuputnya siswa gemar membaca dan mencintai buku.
Kegiatan serupa pada hari Sabtu (22/7) juga dilakukan ke sekolah lain yakni SD Negeri 2 Jorong, SDN Alur 2, dan TK Pembina Nurkasih Jorong.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook