PENDIDIKAN

SMPLB Tengah Persiapan Program SMAB

INFOTANAHLAUT.COM-Ancaman bencana alam sewaktu-waktu dapat terjadi kapan saja dan dimana saja,sejalan dengan itu melalui workshop penerapan Sekolah Madrasah Aman Bencana (SMAB) belum lama tadi di SMP LB Pelaihari guna kesiapan kearah dimaksud.
Kepala SMP LB Pelaihari Yuniar Indriyani,Kamis (20/08/2018) mengatakan,SMAB adalah program dari Kementerian Pendidikan yang di tujukan kepada Direktorat Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus,dan selanjutnya di luncurkan kepada SMP LB Pelaihari.
“Untuk di Kalimantan Selatan yang menyelenggarakan SMAB yakni di Tanah Laut dan SLB Negeri di Kabupaten Kotabaru,”kata Yuniar.
Ia menambahkan,kesiapan SMP LB Pelaihari sendiri dengan program SMAB yakni melaluo workshop dengan beberapa nara sumber seperti Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tala,dan kelembagaan lainnya seperti Dinas Pekerjaan Umum,Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Tala, Dinas Kesehatan,Palang Merah Indonesia Tanah Laut.
Dalam program SMAB selanjutnya ada kegiatan berupa simulasi di akhir atau kegkatan puncaknya dari penjadwalan yang akan di gelar di bulan September,karena dalam program SMAB ada 10 macam kegiatan.
10 kagiatan dalam program SMAB yakni workshop kegiatan,penilaian mandiri awal oleh sekolah (Baseline),pelatihan PRB dan sekolah Aman Bencana untuk tenaga pendidik,tenaga kependidikan, komite sekolah dan pemerintah desa. Kemudian pelatihan PRB dan sekolah aman untuk siswa. Workshop kajian resiko bencana partisipatif dan inklusif dengan mempertimbangkan kapasitas warga sekolah berkebutuhan khusus. Workshop penyusunan rencana aksi dan pembentukan tim siaga bencana di sekolah. Workshop pembuatan prosedur tetap tanggap darurat bencana sekolah,peta jalur evakuasi,rambu evakuasi,titik kumpul dan pembuatan media publikasi sekolah. Simulasi ke siap siagaan di lingkungan sekolah. Penilaian mandiri akhir dan terakhir workshop hasil evaluasi pelaksanaan dan tindak lanjut.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook