TOKOH

Sri Mulyanti Sipencetus Desa Sahabat Keluarga

INFOTANAHLAUT.CON-“Anda Memasuki Kawasan Desa Sahabat Keluarga Desa Sumber Makmur”.
Tulisan itu terpampang jelas di gapura besi yang berada di Desa Sumber Makmur Kecamatan Takisung.
Pada setiap persimpangan jalan desa pun terpampang plat dari besi berukuran 1 meter persegi dengan tulisan berupa himbauan pada masyarakat untuk melaksanakan gerakan 18-21 pada pukul 18.00-21.00 wita untuk mematikan segala jenis perangkat elektronik dan komunikasi, menemani anak belajar, bermain dan berbincang-bincang di dalam rumah, membiasakan untuk tersenyum, menyapa dan mengucapkan salam pada setiap orang, dan mengajak orang tua untuk terlibat dalam kegiatan anak di sekolah.
Dari program di atas, TK Sinar Makmur yang selama ini menjadi mitra dari Desa Sumber Makmur berhasil mendapat piagam penghargaan dari Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga sebagai Penyelenggara terbaik Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku tingkat Provinsi Kalimantan Selatan untuk kategori Taman Kanak-Kanak.
Kepala Sekolah TK Sinar Makmur Sri Mulyanti, M.Pd mengatakan, di desa ini memiliki pojok baca di rumah masing-masing, jadi setiap anak yang bersekolah di TK memiliki pojok baca masing-masing di rumah.
Ia menambahkan program dari TK Sinar Makmur sudah berjalan ketika Desa Sumber Makmur di canangkan sebagai Desa Sahabat Keluarga, yang mana saat itu TK Sinar Makmur menjadi labsite (percontohan) Desa Sahabat Keluarga se Kalsel.
“TK Sinar Makmur mendapat bantuan penuh dari desa, dimana pihaknya mendapat hibah buku dari perpustakaan desa, sehingga buku-buku tersebutlah yang di bagikan menjadi pojok baca di setiap rumah siswa. Alhamdulillah semoga bisa meluas se Tanah Laut nantinya,”ucap Sri.
Pretasi Sri Mulyanti selaku kepala sekolah TK Sinar Makmur mendapat perhatian dari Pemkab Tala. Oleh bupati Tala H.Sukamta pun bangga karena selain Desa Sumber Makmur menjadi pilot project Desa Sahabat Keluarga, TK Sinar Makmur yang ada di desa tersebut pun mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
“saya sangat bangga kepada pihak desa maupun TK, berhasil menjadi percontohan dan terbaik di Kalsel, berharap agar desa-desa lain di Tala dapat mencontoh apa yang dilakukan Desa Sumber Makmur,”ucap bupati Tala, Selasa (7/5/2019) dalam komentarnya.
Desa Sumber Makmur di tetapkan sebagai Pilot Project Desa Sahabat Keluarga oleh Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan.
Bersamaan dengan acara Pentas Akhir Tahun TK Sinar Makmur pada akhir Tahun 2014 lalu, Desa Sahabat Keluarga sendiri di canangkan oleh bupati Tala H. Sukamta saat ia masih menjabat sebagai wakil bupati Tala pada tahun 2017 lalu.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook