PENDIDIKAN

SSK Disisipkan Dalam Kurikulum

INFOTANAHLAUT.COM-Kolaborasi antara SMP Negeri 3 dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3) Tanah Laut serta Dinas Pendidikan Tanah Laut, Senin (11/11) lewat perayaan hari ulang tahun UPTD SMP Negeri 3 Pelaihari yang ke 36 sekaligus meresmikan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK).
Peresmian SSK oleh ketua TP PKK Tala Hj.Nurul Hikmah Sukamta dengan pembukaan tirai papan nama SSK.
Sebelum di resmikan, Nurul Hikmah Sukamta di beri suguhan penampilan dari Singo Loreng, kelompok Pramuka yang ada di UPTD SMP Negeri 3 Pelaihari. Atraksi Singo Loreng ini cukup memukau dan kadang membuat tawa para undangan.
Usai meresmikan SSK, Hj.Nurul Hikmah Sukamta di damping Ir.Wiyanto kepala DP2KBP3A dan Abdillah Kadisdik Tala melakukan peninjauan ke stand pameran hasil karya siswa.
Di stand dapat di jumpai beragam hasil karya siswa seperti miniatur rumah ada Banjar yang terbuat dari stik bekas ice cream, kemudian sejumlah bangunan-bangunan lain yang ada di Kabupaten Tanah Laut seperti Tugu Simpang Parit, Patung Sapi di Rest Area sekitar gunung Kayangan dan suasana arus lalu linta di lanpu merah dekat kantor bupati Tala.
Selain itu di pajang pula lukisan-lukisan hasil karya siswa dan kegiatan UKS sekolah.
Di utarakan Lopian Joy Nauli Silalahi siswi kelas 8 F yang membuat tugu PKK bersama teman satu kelasnya menuturkan, dalam proses pembuatan tugu PKK butuh waktu selama 3 minggu. Pembuatan tugu PKK memang yang ada terdapat di Kabupaten Tanah Laut, padahal mau membuat bangunan yang lain, namun sudah di olah kelas lain.
Berharap pada ulang tahun sekolah ini kedepannya sekolah tambah maju dan terus menciptakan murid-murid yang cerdas untuk generasi selanjutnya, ucap perempuan yang biasa di sapa Joy ini.
Sementara itu kepala DP2KBP3A Tala Ir.Wiyanto menyebutkan, program SSK yang di UPTD SMP Negeri 3 adalah sekolah yang ke 2 setelah sebelumnya dilakukan serupa di MAN IC, dan masih ada beberapa sekolah lagi yang akan di resmikan.
Ia menjelaskan, SSK sendiri pada intinya adalah menambahkan materi kependudukan ke dalam kurikulum atau mata pelajaran yang sudah ada di sekolah, dalam arti kata menyisipkannya.
SSK sendiri tentulah punya secretariat di UPTD SMP Negeri 3 Pelaihari.
Di tempat yang sama Kadisdik Tala Abdillah mengutarakan, SSK merupakan salah satu program Pemerintah dalam hal ini BKKBN dalam rangka mempersiapkan sekolah yang memiliki pemahaman dan pengertian tentang kependudukan.
Hal ini tentu sangat penting sekali agar anak-anak dapat memahami tentang pentingnya pendewasaan usia perkawinan, bagaimana memahami masalah kesehatan, masalah keluarga berencana, sehingga berharap akan tercipta generasi yang memahami tentang persoalan kependudukan, jelasnya.
Indonesia sendiri akan menghadapi Bonus Demograpi, dimana usia produktif lebih besar dari pada non produktif. Di satu sisi pula, ketika SDM tidak di persiapkan tidak menutup kemungkinan menjadi sebuah ancaman bagi negara ini. Dan berharap tidak hanya satu sekolah, menginginkan semua sekolah dapat menerapkan SSK, sehingga siswa di Tala dapat memahami terkait dengan pengetahuan persoalan kependudukan termasuk pula kesehatan, tutup Abdillah.
Pada kegiatan ulang tahun UPTD SMP Negeri 3 dan peresmian SSK juga di hadiri Badan Nasional Narkotika (BNN) Kabupaten Tanah Laut.
Memeriahkan Hut UPTD SMP Negeri 3 Pelaihari sejumlah lomba di selenggarakan selama 2 hari seperti cerdas cermat, menyanyi Banjar, Bakisah, dan tari daerah kreasi yang di ikuti peserta dari 16 UPTD SMP Negeri.Tung

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook