PENDIDIKAN

Sukamta Nilai Sebuah Kelalaian

INFOTANAHLAUT.COM-Gagalnya tahun ini Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tanah Laut yang berada di Jalan Al Fatah Matah Kecamatan Pelaihari yang tidak bisa mengikutkan siswanya untuk mengikuti program nasional melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi perhatian Bupati Tanah Laut H.Sukamta.
Bupati Tanah Laut H Sukamta dikonfirmasi Senin,(24/2) mengatakan,atas kondisi pada MAN 1 Tanah Laut sangatlah disesalkan.
“Disesalkan dan ini sebuah kelalaian pihak sekolah,sehingga siswa kelas 12 MAN 1 Tanah Laut gagal masuk Perguruan Tinggi (PT) melalui jalur SNMPTN. Ini jelas tidak bisa dibiarkan,dan patut dilakukan evaluasi secara menyeluruh oleh instansi tehnis agar tidak terjadi lagi dimasa mendatang,”kata Sukamta.
Lebih lanjut Sukamta menambahkan,melihat pada kondisi demikian juga patut dilakukan evaluasi pada manajemen sekolah,dan masalah ini sepenuhnya diserahkan ke instansi Pembina untuk mengevaluasi dan mengambil kebijakan strategis,tegasnya.
Hal senada diutarakan Noor Ifansyah pengamat pendidikan di Kabupaten Tanah Laut yang menurutnya,manajemen diperbaiki pembagian tupoksi sehingga peran Kepsek,Wakil Kepsek dan struktur berfungsi.
“Kontrol program kerja serta ada rapat pertemuan dewan guru walikelas dan komite sekolah saling mengevaluasi kalau ada kesempatan konsul lagi ke PTN,”jelasnya.
SNMPTN merupakan sebuah jalur yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi siswa yang hendak meneruskan kejenjang pendidikan lebih tinggi di kampus negeri,walau tidak semua siswa yang meneruskan ke bangku kuliah,namun bagaimana bagi siswa yang berkeinginan kuat untuk melanjutkan ketingkat bangku kuliah.
Kemudahan jalur SNMPTN bagi calon mahasiswa. Para siswa tidak perlu mengikuti ujian apapun,syaratnya juga tidak banyak yakni hanya pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Kemudian dari segi kuota penerimaan jalur SNMPTN menerima paling banyak mahasiswa dibanding jalur-jalur lain yakni mencapai 50 persen dari keseluruhan daya tampung mahasiswa baru PTN. Tidak ada biaya apapun karena penyelenggara SNMPTN sepenuhnya ditanggung pemerintah.
Banyak keuntungan bagi siswa yang lulus lewat jalur SNMPTN yakni terbebas dari ujian tulis berbasis komputer,punya kesempatan lebih banyak untuk persiapan kuliah,banyak waktu luang,memotivasi adik kelas,hemat biaya,dan perasaan bangga. Akan tetapi bagi siswa MAN 1 Tanah Laut semua itu hanya tinggal mimpi.Tung

0
0%
like
0
0%
love
2
100%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook